Gebyar Diskon Pupuk Non Subsidi, Petani Temanggung Sambut Antusias

oleh -25 views
Pupuk Dok_Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Gebyar Diskon Pupuk Nonsubsidi yang dipelopori Pupuk Indonesia bersama Kementerian BUMN RI, mendapat sambutan positif dari petani di Kabupaten Temanggung.

Ratusan perani berbondong-bondong mendatangi Gudang Pupuk Lini III, Jalan Perintis Kemerdekaan Temanggung, Senin (15/01/2024), untuk mendapatkan pupuk dengan harga lebih murah.

Direktur Keuangan PT Pupuk Indonesia Persero, Wono Budi Tjahyono mengatakan, program tersebut sebagai upaya memperkuat ketahanan pangan nasional.

Dalam Gebyar Diskon Pupuk Nonsubsidi, petani bisa membeli pupuk urea dan NPK Phonska masing-masing 25 kg dengan harga Rp270.000, jauh lebih murah dibandingkan harga di pasaran yang mencapai Rp450.000.

Diakui, pertanian merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar bagi perekonomian indonesia.

“Keberhasilan sektor ini tidak terlepas dari jasa para petani, yang telah bekerja keras mendukung ketahanan pangan nasional,” katanya, usai membuka Gebyar Diskon Pupuk Nonsubsidi.

Baca Juga :   Produksi Meningkat, Kementan Dorong Ekspor Nanas Asal Barru

Wono Budi mengatakan, guna menjaga kontribusi sektor pertanian tersebut, pemerintah bersama Pupuk Indonesia berkomitmen menyediakan pasokan pupuk bagi petani, baik subsidi, maupun pupuk nonsubsidi.

“Kita akan berikan dalam bentuk komitmen lain, bahwa pupuk itu bisa diperoleh dengan harga yang murah dan terjangkau, karena ini pupuk nonsubsidi yang kita berikan, dan ini sekaligus komitmen dari Pupuk Indonesia ikut juga menyukseskan program pemerintah dalam ketahanan pangan. Keberadaan kita, membuktikan kita komitmen mendukung program pemerintah itu,” tegasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kabupaten Temanggung, Joko Budi Nuryanto mengatakan melalui program gebyar diskon pupuk, petani bisa menikmati pupuk nonsubsidi dengan harga terjangkau. Sehingga, meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan keluarga petani.

Baca Juga :   Agar Tumbuh Subur, Ini Jenis Pupuk Yang Tepat Untuk Tanaman Puring

“Kami berharap, ke depan juga dalam rangka membantu petani berkaitan dengan kebutuhan pupuk, bisa dua kali, atau tiga kali diskon pupuk nonsubsidi ini. Nanti kami akan komunikasi lebih detail dengan teman-teman di Pupuk Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, Petani Temanggung, Aziz Muslim menyambut baik upaya dari Pupuk Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani.

Mengingat saat ini petani di Temanggung mulai melakukan pemupukan tanaman padi usai panen tembakau. Bahkan, sebagian petani juga menanam cabai.

“Gebyar Diskon Pupuk Nonsubsidi Sangat bagus dan sangat terbantu sekali untuk petani. Penyediaan pupuk jadi agak lebih ringan dan harganya lebih terjangkau. Harganya satu paket itu Rp270 ribu, lebih murah dibandingkan harga di pasaran yakni Rp450 ribu,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.