Cuaca Kian Ekstrim, Harga Bawang Dan Cabai Naik Di Yogyakarta

oleh -25 views
Bawang Merah
Ilustrasi Bawang Merah Foto : Freepik

Panennews.com – Pemerintah Kota Yogyakarta melalui Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta memastikan harga bahan pokok sejak tahun baru 2024 tetap stabil.

Meskipun ada beberapa komoditi seperti bawang merah, bawang putih dan cabai merah besar mengalami kenaikan namun tidak signifikan.

Dimana untuk harga bawang merah sedikit mengalami kenaikan yakni di harga yang bervariasi Rp 30.000/kg hingga Rp 38.000/kg.

Selain bawang merah, bawang putih juga mengalami sedikit kenaikan di harga Rp 40.000/kg. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Ketersediaan, Pengawas, dan Pengendalian Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Yogyakarta Sri Riswanti.

“Harga bahan pokok belakangan ini semakin naik. Terutama pada komoditi bawang merah dan bawang putih di sejumlah pasar di Kota Yogyakarta. Penyebab kenaikan cabai ini diperkirakan akibat hasil panen yang menurun akibat perubahan cuaca,”jelas Sri Riswanti saat diwawancarai, di ruang kerjanya Sabtu (06/01/2024).

Baca Juga :   Inflasi Gabungan, 2 Kota Di Bali Bulan Oktober Naik Hingga 2,64 Persen

Tak hanya bawang merah dan bawang putih, harga komoditi cabai merah besar juga mengalami kenaikan di harga Rp 50.000/kg.

Menurutnya, harga cabai besar naik dikarenakan adanya permintaan/kebutuhan yang meningkat seperti digunakan untuk kebutuhan hajatan.

“Selain memang hasil produksinya banyak, harga naik dikarenakan oleh kebutuhan yang meningkat,”imbuhnya.

Namun menurutnya, harga dipasaran tidak menjadi kekhawatiran konsumen dalam membeli bahan pokok.
Tambahnya, harga dipasaran cenderung menurun dibandingkan dengan harga tiga minggu lalu.

“Kalau dari mulai sebelum hari raya Natal, tahun baru hingga hari ini bahan pokok tidak ada fluktuasi harganya. Harga masih stabil, walaupun ada beberapa yang mengalami kenaikan,”jelasnya.

Baca Juga :   Mendag Pastikan Di Medan Stok Dan Harga Bapok Cukup Stabil

Selain itu, adapun komoditi yang mengalami penurunan harga seperti cabai cabai rawit merah yang sebelumnya mencapai Rp 70.000/kg kini di harga Rp 60.000/kg.

Tak hanya itu, untuk komoditi ayam juga mengalami penurunan harga dari Rp 34.000/kg menjadi Rp 31.000/kg.

“Mengawali tahun baru ini ketersedian tidak ada hal mengkhawatirkan. Untuk pasokan ketersediaan melimpah dan harga stabil. Sehingga harapannya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan kenaikan beberapa komoditas harga bahan pokok ini,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.