Salurkan 50 Ribu Benih Kopi Arabika, Kementan Genjot Kesejahteraan Petani Kopi

oleh -21 views
foto
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kementerian Pertanian (Kementan) salurkan bantuan benih kopi Arabika sejumlah 50 ribu benih.

Adapun benih itu, kepada Kelompok Tani Kawasan Terpadu Nusantara di Temanggung, Jawa Tengah sebagai hasil kerjasama dengan berbagai pihak instansi pemerintahan dan daerah dalam rangka mendukung keberhasilan program deradikalisme berbasis kesejahteraan.

Bantuan ini menjadi bukti bahwa sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah harus diperkuat untuk menjaga kepentingan petani, bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menegaskan hal tersebut agar tercapainya swasembada pertanian.

Di kesempatan berbeda, Andi Nur Alam Syah Direktur Jenderal Perkebunan menyatakan meskipun Mentan berfokus pada komoditas pangan, Ditjen Perkebunan tetap menjalankan amanat dalam mensejahterakan pekebun kopi serta mengembangkan kawasan kopi layak tanam di daerah seperti Temanggung.

Baca Juga :   Kementan Gerak Cepat Atasi Hama Wereng Coklat Di Bekasi

“Kami akan memberi bantuan benih kopi kepada para pekebun yang saat ini membutuhkan replanting secara masif. Di samping itu kami juga akan membangun logistik perkebunan serta mendorong pertumbuhan industri hilirisasi,” sebut Dirjen Perkebunan, Selasa (05/12/2023).

Selain itu, Andi Nur juga mengatakan bantuan benih ini merupakan upaya dalam penguatan ekonomi masyarakat petani. Khususnya petani kopi pada daerah Temanggung.

“Bantuan yang diberikan merupakan salah satu bentuk sinergitas antara BNPT dan Kementan RI dalam rangka penguatan ekonomi masyarakat petani, khususnya petani kopi di Temanggung. Mengingat kontur wilayah di Temanggung sangat baik untuk ditanami kopi, khususnya jenis Arabika yang sudah dikembangkan sebelumnya,” jelas Andi Nur.

Baca Juga :   Mengenal Lada Putih Si Albino

Lebih jauh, bantuan ini diharapkan bisa menjadi pemacu semangat untuk lebih fokus agar ekonomi bisa lebih maju, dan penanggulangan radikalisme dapat dibantu melalui penguatan ekonomi, salah satunya dengan memberikan bantuan bibit.

“Adanya bantuan ini dapat mendorong semangat kembali untuk menanam kopi dan diharapkan bisa berproduksi dengan baik, karena kebutuhan kopi secara nasional, maupun internasional setiap tahun semakin meningkat” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.