Sekam Padi Sebagai Pupuk Organik, Bisa Suburkan Tanaman Hingga Mengusir Hama

oleh -39 views
Sprinkled loose couscous on a white background
Foto : Pixabay

Panennews.com – Sekam padi merupakan lapisan keras yang berfungsi untuk pelindung biji padi saat menjelang masa panen. Selain jadi pelindung biji padi, sekam padi ini berfungsi sebagai pupuk organik yang bermanfaat bagi tanaman.

Ada berbagai manfaat jika sekam padi ini digunakan sebagai pupuk organik bagi tanaman. Pasalnya, sekam padi ini mengandung senyawa unsur hara yang dibutuhkan tanaman dan hal ini jarang sekali orang mengetahuinya.

Adapun salah satu manfaat sekam padi sebagai pupuk organik yaitu bisa suburkan tanah pada tanaman. Hal itu karena sekam padi mengandung senyawa unsur kimia yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan bagi tanah.

Baca Juga :   Atasi Ancaman Kelaparan 2050, UGM Kembangkan Tanaman Pangan dari Riset Genetik Baru

Selain itu, sekam padi juga mengandung senyawa unsur hara yang tinggi dan sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pada tanah. Oleh karena itu, sekam padi ini yang berfungsi sebagai pupuk sangat dipercayai bisa untuk menyuburkan tanah tanaman.

Lebih lanjut, sekam padi yang digunakan sebagai pupuk juga dapat bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Pasalnya, sekam padi tersebut mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tanaman.

Biasanya kandungan nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sekam padi meliputi karbohidrat, oksigen, hingga senyawa natrium. Dari kandungan tersebut, biasanya tanaman akan terangsang untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

Baca Juga :   Ketahui Tanda-Tanda Tanaman Terserang Hama Penyakit

Lebih jauh lagi, sekam padi sebagai pupuk organik untuk tanaman juga bisa mengusir hama pada tanaman. Pasalnya, sekam padi ini mengandung unsur kimia yang sangat tidak disukai berbagai jenis hama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.