Pasok Bibit Tanaman IKN, Komisi IV Apresiasi Persemaian Mentawir

oleh -29 views
presidenri.go.id-15032022114901-62301abd3a6707.78083279
Persemaian Mentawir IKN, Foto : BPMI Setpres

Panennews.com – Komisi IV DPR RI memberikan apresiasi terhadap Persemaian Mentawir yang merupakan pemasok bibit tanaman untuk kawasan IKN.

Persemaian Mentawir berada di atas lahan 16 ha yang dibangun oleh anak bangsa atas kolaborasi lintas Kementerian dan Lembaga serta dukungan dari pihak swasta.

“Saya selaku pimpinan rombongan memberikan apresiasi yang sangat luar biasa dan saya surprise dengan adanya persemaian mentawir ini. Saya lihat tadi dari prestasi Bu Dirjen sangat luar biasa karena ini ada kolaborasi lintas Kementerian/Lembaga yang ternyata kita itu bisa mampu!” kata Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo dalam Kunjungan Kerja Reses saat meninjau langsung Persemaian Mentawir yang berlokasi di Kecaatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (17/12/2023).

Baca Juga :   Air Jadi Kebutuhan Utama Lumbung Mataraman di Gunungkidul, Petani Minta Manfaatkan Embung Terdekat

Persemaian Mentawir dikelola oleh Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (Ditjen PDASRH) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Fasilitas ini didirikan dalam rangka mewujudkan Ibu Kota Nusantara (IKN) sebagai Forest City, mengembalikan hutan monokultur menjadi tropical rain forest, serta mendukung rehabilitasi hutan dan lahan (RHL) di Kalimantan Timur.

Lebih lanjut, Firman berharap proyek ini tak terhenti hanya untuk persiapan IKN saja dan juga bisa dibangun di banyak tempat.

“Harapan kami ke depan adalah program-program atau proyek-proyek seperti ini tidak hanya untuk persiapan karena IKN saja. Kalau setiap provinsi itu ada komitmen dari negara untuk dibangun seperti ini, untuk pelestarian lingkungan, ini akan dahsyat,” ungkapnya.

Baca Juga :   3 Varietas Nanas Paling Populer Di Indonesia

Secara spesifik, Politisi Fraksi Partai Golkar ini juga memberikan apresiasi terhadap sistem pengairan dan berbagai teknologi yang digunakan di lokasi ini.

Untuk memenuhi kebutuhan air baku, Persemaian Mentawir memiliki embung seluas 7,28 ha yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan umum. Mendukung pengelolaan dan sirkulasi air yang baik, embung yang ada juga dilengkapi water spillway, fasilitas ultrafiltrasi dan water intake.

“Konsepnya sudah sangat bagus, terintegrasi. Konsep pengairannya tadi ada embung kemudian pompanisasi untuk kemudian ada banyak menggunakan teknologi-teknologi modern. Ternyata kita bisa melakukan pembenihan tanaman-tanaman berbagai aneka ragam dan ini ternyata juga mampu dikerjakan oleh anak bangsa kita sendiri,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.