KKP Luncurkan 2 Kapal Baru, Siap Amankan Sumber Daya Laut Indonesia

oleh -45 views
2 Kapal Pengawas Baru KKP Siap Amankan Sumber Daya Laut Indonesia 3
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) baru saja meluncurkan 2 unit Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan.

Kapal ini terbaru yang dilengkapi dengan SM 5 atau senapan mesin berkaliber 12,57 x 99 MM yang siap mengamankan sumber daya laut Indonesia.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa kehadiran dua unit kapal yang diberi nama KP. Barakuda 01 dan KP.

Lebih lanjut, Barakuda 02 ini merupakan bukti komitmen KKP dalam peningkatan armada pengawasan untuk mengawal kebijakan Ekonomi Biru.

“Hari ini, dihadapan kita telah bersandar 2  unit Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan KP. Barakuda 01 dan Barakuda 02 yang akan memperkuat armada kapal pengawas kelautan dan perikanan Ditjen PSDKP. Saya minta satu kapal ditempatkan di perairan Barat dan satu kapal di perairan Timur”, ungkap Trenggono dalam sambutannya di Galangan PT. Palindo Marine, Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga :   Mutiara Lombok Diminati Pasar Mancanegara

Selain itu, Trenggono juga menjabarkan bahwa kapal karya anak bangsa ini dinamakan BARAKUDA sebagai gambaran gagahnya kapal pengawas berkecepatan tinggi yang mampu melakukan manuver lincah untuk memerangi IUU Fishing dan Destructive Fishing.

Layaknya ikan BARAKUDA yang mudah menangkap mangsanya karena lincah, cepat serta memiliki rahang yang kuat untuk melumpuhkan mangsanya.

Di samping itu, kedua kapal tersebut juga telah dilengkapi dengan Water Canon untuk melumpuhkan kapal ilegal serta rope cutter untuk memotong tali atau jaring yang membelit propeller pada saat melakukan pengejaran kapal ilegal.

Baca Juga :   KKP Perketat Pemberian Izin Pemanfaatan Ruang Laut Berisiko Tinggi

“Modus operandi yang sering ditemui petugas di lapangan adalah pelaku dengan sengaja menjatuhkan jaring saat dikejar untuk merusak propeller kapal pengawas. Maka, pada KP. Barakuda 01 dan 02 ini telah kami lengkapi dengan rope cutter”, terang Adin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.