KWT Di Kepulauan Seribu Utara, Panen 10 Kilogram Kangkung Hidroponik

oleh -19 views
Ilustrasi Tanaman Kangkung
Ilustrasi Tanaman Kangkung - Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun memanen sayuran hidroponik jenis kangkung dan pakcoy di Taman Hidroponik, Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara.

Kepala Seksi Ketahanan Pangan Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Parsan mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan pemanfaatan pekarangan rumah sebagai sumber pangan dan asupan gizi keluarga.

Adapun sayur hidroponik ini telah ditanam dengan masa sekitar satu bulan. Terlebih, saat ini tengah memetik hasilnya dan dipanen.

“Alhamdulillah, hari ini kita panen 10 kilogram sayuran jenis kangkung dan 10 kilogram pakcoy,” ujarnya, Kamis (28/12/2023).

Baca Juga :   Petani Lokasi Food Estate Mulai Panen

Ia mengatakan, hasil yang didapat kelompok tani yang beranggotakan 15 orang ini berkat tekad, kemauan dan semangat kuat untuk mengembangkan pertanian.

“Kami sebagai pegawai pemerintah hanya bertugas mendukung sarana dan prasarana serta melakukan pembinaan,” katanya.

Parsan menambahkan, hasil panen sayuran dari dua rak hidroponik ini dibagikan kepada warga dan anggota KWT. Selain kangkung, di Taman Hidroponik ini juga ditanam bayam merah, sawi, cabai dan lainnya

“Kita ingin mendukung program pemerintah dengan berbagi sayuran. Semoga ini dapat memberikan manfaat bagi yang menerima,” ucapnya.

Baca Juga :   Siapkan Tabungan Khusus, Petani Cabai Sleman Cari Bank Pro Petani

Sementara itu, Sindi warga RT 02/05, Pulau Kelapa Dua, Sindi mengaku sering menerima bantuan dari kebun KWT. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk memenuhi gizi keluarga karena harus membeli sayuran ke daratan.

“Terima kasih kepada kelompok tani telah rutin bagikan sayuran untuk warga sekitar,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.