Bisa Gagal Panen, Ketahui Penyebab Daun Tanaman Tomat Menguning

oleh -28 views
Ilustrasi Tanaman Tomat
Ilustrasi Tanaman Tomat - Foto : Pixabay/Kie-ker

Panennews.com – Ada beberapa tantangan dalam membudidayakan tanaman tomat seperti daun yang menguning. Pasalnya, daun yang kuning tersebut bisa menyebabkan gagal panen pada tomat itu sendiri.

Namun, daun tomat menguning tersebut bukan lah tanpa sebab. Ada berbagai penyebab jika daun tanaman tomat ini bisa menguning, oleh sebab itu ketahui lah berbagai penyebabnya.

Secara garis besar, daun tomat yang menguning bisa disebabkan oleh serangan virus bernama Tomato Yellow Leaf Curl Virus. Biasanya virus tersebut bisa menjadi patogen yang bisa merusak tanaman tomat, salah satunya bisa menyebabkan daun tanaman tomat menguning.

Baca Juga :   Eceng Gondok, Tumbuhan Hidup Mengapung Di Air

Selain itu, virus berasal dari kutu kebul juga bisa menyebabkan daun tanaman tomat menguning. Pasalnya, kutu kebul ini memberikan infeksi terhadap daun tanaman tomat.

Sehingga daun tomat ini bisa menguning, bahkan juga cenderung kering karena infeksi yang diberikan terhadap daun tersebut.

Lebih lanjut, suhu lingkungan yang panas terhadap media tanaman tomat juga bisa jadi penyebab daun tomat menguning.

Hal ini karena suhu panas tersebut menghilangkan kelembaban terhadap daun tomat, sehingga daun tomat nantinya akan menguning karena efek panas yang diberikan sekitar lingkungan media tanam.

Baca Juga :   3 Manfaat Daun Kemangi Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui

Lebih jauh lagi, penyebab daun tomat menguning juga bisa terjadi karena menularnya virus dari tanaman lain. Virus ini biasanya menyebar dan mewabah ke daun sehingga bisa menyebabkan daun tanaman tomat menguning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.