3 Manfaat Daun Kemangi Bagi Tubuh Yang Jarang Diketahui

oleh -700 views
Ilustrasi Daun Kemangi Foto pinterest
Ilustrasi Daun Kemangi - Foto : pinterest

Panennews.com – Daun kemangi (ocimum ×citriodorum) sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Daun yang memiliki rasa yang khas ini, biasanya dijadikan lalapan, hiasan untuk berbagai hidangan, bahkan juga dijadikan menu makanan utama.

Tidak hanya memilki rasa yang unik, daun kemangi juga memilki manfaat bagi kesehatan. Daun kemangi juga mengandung nutrisi penting lain, seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, folat, vitamin A, B, C, dan K. Berikut ulasan mengenai manfaat daun kemangi bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi Efek Stres Oksidatif

Adaptogen adalah obat herbal yang membantu tubuh beradaptasi dengan stres. Adaptogen paling terkenal yaitu tanaman ginseng. Nyatanya tidak hanya ginseng yang bisa membantu melawan stres, tetapi daun kemangi juga memilki efek yang sama.

Baca Juga :   Ketahui Lebih Jauh Manfaat Biji Adas Untuk Kesehatan

Dalam satu penelitian, seekor kelinci terkena stres oksidatif (peningkatan radikal bebas dalam tubuh). Kelinci diberi 2 gram daun kemangi segar setiap hari selama 30 hari, dan sistem kardiovaskular dan pernapasannya dipantau dengan teliti.

Para peneliti mengukur penurunan kadar gula darah dan peningkatan aktivitas antioksidan setelah kelinci tersebut mengonsumsi kemangi secara rutin. Kesimpulannya, kemangi membantu kelinci menangani stres oksidatif dengan lebih baik.

Melawan Bakteri

Penelitian laboratorium telah menunjukkan bahwa kemangi memiliki sifat antibakteri. Hal ini mungkin karena kandungan minyak atsiri dalam kemangi, yang meliputi estragole, linalool, cineole, eugenol, sabinene, myrcene, danlimonene.

Kemangi membatasi pertumbuhan banyak bakteri, termasuk listeria monocytogenes (listeria), staphylococcus aureus (bakteri pada luka kulit), escherichia coli( bakteri pada usus manusia), yersinia enterocolitica, dan pseudomonas aeruginosa.

Dapat Mengurangi Peradangan Dan Pembengkakan

Ekstrak kemangi dapat membantu mengurangi peradangan. Satu studi, dipresentasikan pada acara tahunan Royal Pharmaceutical Society, menemukan bahwa, ekstrak O. tenuiflorum (kemangi) terbukti mengurangi pembengkakan hingga 73 persen, 24 jam setelah perawatan.

Baca Juga :   Benarkah, Manfaat Lemon Baik Untung Jantung Hingga Anemia

Efek ekstrak kemangi dalam mengurangi pembengkakan ini, setara dengan obat diklofenak, obat anti-inflamasi yang banyak digunakan dalam pengobatan radang sendi.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalamJournal of Bone Reports & Recommendations sepakat bahwa kemangi juga mungkin bermanfaat dalam pengobatan penyakit akibat peradangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.