Agar Produktivitasnya Baik, Kenali Ciri-Ciri Bibit Ikan Mas Budidaya Yang Berkualitas

oleh -37 views
Ikan Mas
Foto : Adobe Stock

Panennews.com – Ada banyak ikan konsumsi yang saat ini tengah dibudidayakan oleh kalangan masyarakat. Salah satunya ikan konsumsi tersebut yaitu ikan mas.

Keberadaannya sejak dulu hingga kini cukup populer dibudidayakan. Namun, agar pada saat budidayanya ikan tersebut mempunyai produktivitas baik maka kenali dahulu ciri-ciri bibit ikan mas yang berkualitas.

Adapun ciri-ciri bibit ikan mas budidaya yang berkualitas salah satunya yaitu bibit ikan mas aktif berenang. Pasalnya, jika bibit tersebut aktif dalam berenang maka bisa dipastikan bahwa bibit tersebut mempunyai kriteria sehat.

Selain itu, gerakan dari bibit ikan tersebut juga sangat lincah dan tidak mudah lesu. Hal ini karena bibit tersebut mempunyai keunggulan tersendiri dari fisiknya, sehingga itu menjadi salah satu ciri dari bibit ikan mas yang berkualitas.

Baca Juga :   H-1 Lebaran, KKP Sebut Permintaan Ikan Di Sejumlah Daerah Melonjak

Lebih lanjut, bibit yang terhindar dari serangan penyakit atau hama pun bisa jadi ciri-ciri bibit ikan tersebut berkualitas. Pasalnya, jika bibit terhindar dari penyakit biasanya bibit tersebut tengah sehat dan cenderung membaik tumbuh kembangnya nanti.

Adapun bibit ikan mas yang memiliki fisik lengkap dimulai dari kepala hingga ekornya, bisa juga pertanda bahwa bibit tersebut memiliki keunggulan berkualitas. Pasalnya, bibit dengan fisik lengkap tentunya akan mendorong produktivitas ikan lebih baik lagi.

Lebih jauh, ciri bibit ikan mas yang berkualitas selanjutnya yaitu tidak berkurangnya nafsu makan pada bibit tersebut. Hal ini biasanya menandakan bahwa bibit tersebut tidak terserang penyakit saluran pencernaan, sehingga bibit akan mengkonsumsi makanannya secara baik.

Baca Juga :   Jaga Populasi, Belasan Ribu Benih Ikan Ditebar Di Area Waduk Giriwoyo

Oleh sebab itu, hal tersebut bisa menandakan bahwa bibit ikan mas ini memiliki kualitas yang baik dan juga tentunya akan meningkatkan produktivitas serta tumbuh kembangnya nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.