Tips Mengatasi Air Kolam Budidaya Ikan Mujair Yang Cepat Kotor

oleh -43 views
Ikan Mujair
Foto : Pixabay

Panennews.com – Membudidayakan ikan mujair sudah barang tentu memiliki halangan serta rintangan yang menyerang, salah satu halangan tersebut biasanya air kolam budidaya sering kotor.

Hal ini membuat sebagian pembudidaya ikan mujair sering mengeluh, lantaran kolam yang cepat kotor itu membuat produktivitas ikan mujair terganggu.

Adapun tips mudah dalam mengatasi air kolam budidaya cepat kotor salah satunya yaitu gunakan filter air yang berkualitas. Pasalnya, filter air yang berkualitas akan menjaga air agar selalu bersih dan terjaga kejernihannya.

Baca Juga :   Edukasi Pangan Untuk Pemuda Papua, Presiden Apresiasi Waibu Agro Eduwisata

Selain itu, filter air juga dapat mencegah bakteri yang mengendap dalam kolam budidaya tersebut. Dengan begitu, nantinya air kolam budidaya akan terlihat jernih dan tidak mudah kotor.

Lebih lanjut, jaga selalu kandungan kadar oksigen maupun pH air dalam kolam budidaya. Mengingat, pH air begitu penting untuk memaksimalkan kejernihan kolam ikan budidaya.

Biasanya pH air yang normal dalam kolam budidaya dapat berkisar antara 6,9 hingga 8 derajat keasamannya, sehingga pada angka tersebut pH air dapat menjaga kejernihan hingga kualitas air dalam kolam budidaya.

Baca Juga :   Geliat Bawal Sakti Jadi Primadona Komoditas Budidaya Laut Saat Pandemi Covid-19 di Kepulauan Riau

Lebih jauh, tips mudah selanjutnya dalam mengatasi air cepat kotor pada kolam ikan budidaya yaitu tidak disarankan memberinya pakan berlebih.

Pasalnya, pemberian pakan berlebih tersebut dapat menyebabkan sisa-sisa pakan yang mengendap dalam kolam sehingga bisa berdampak buruk bagi kebersihan kolam.

Oleh sebab itu, jangan memberinya pakan secara berlebih dan sebaiknya berikan pakan secukupnya dengan nutrisi hingga vitamin lengkap untuk memenuhi kebutuhan ikan mujair tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.