Festival Olahan Perikanan, Gaungkan Masyarakat Gemar Makan Ikan

oleh -38 views
Ilustrasi Makanan Ikan
Ilustrasi Makanan Ikan - Foto : Pixabay/DanaTentis

Panennews.com – Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali menggelar peringatan Hari Ikan Nasional dengan menyelenggarakan Festival Hasil Olahan Perikanan dan Keramba Jaring Apung di Desa Sukasari Kecamatan Serang Baru, Rabu (22/11/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi menyambut baik semarak festival di sektor perikanan itu. Diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat terhadap gerakan gemar makan ikan di kalangan keluarga.

Dimana festival tersebut juga bertujuan mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Karena banyaknya kandungan gizi penting bagi tubuh manusia yang terdapat pada ikan.

“Ini suatu langkah yang bisa mencegah stunting pada masyarakat Kabupaten Bekasi yang gemar makan ikan, karena ikan adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan protein dan asupan yang baik untuk ibu hamil maupun juga anak-anak kita yang mungkin masih sekolah. Utamanya adalah bisa mencegah adanya peningkatan stunting di Kabupaten Bekasi,” jeasl Dedy Supriadi.

Baca Juga :   Selain Cantik, Ikan Hias Neon Tetra Juga Mudah Beradaptasi

Selain itu, Dia juga mengapresiasi inovasi yang dilakukan Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi bekerja sama dengan Kecamatan Serang Baru dan pemerintah desa sehingga terciptanya terobosan baru dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh perumahan, pemukiman dan ruang publik lainnya.

Untuk membudidayakan ikan-ikan jenis air tawar sebagai ketahanan pangan serta memasok ketersediaan ikan air tawar bagi masyarakat sekitar.

“Kami berharap semoga apa yang sudah dilakukan di Desa Sukasari ini oleh Dinas Perikanan ditindaklanjuti di semua wilayah di kecamatan atau desa lainnya. Di sini sebagai contoh bagaimana kita bisa mengoptimalkan keberadaan perumahan selain juga adanya danau atau situ yang bisa dijadikan tempat untuk budidaya ikan,” paparnya.

Baca Juga :   Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi untuk KP Berkelanjutan

Bahkan, dirinya menginginkan agar kedepan setiap kecamatan memiliki hasil budidaya ikan khusus sebagai ikonik dari kecamatan tersebut.

“Kalau bisa di tiap kecamatan ada kampung ikan secara sesifik, misal kampung mujair, kampung lele. Kan itu bisa dilakukan tanpa memerlukan lahan luas, di rumah-rumah baik dengan karpet atau terpal dan lainnya itu bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya,” kata Sekda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.