Tapak Liman, Tumbuhan Herbal Yang Bantu Atasi Masalah Kesehatan

oleh -26 views
butterbur; Petasites, hybridus; officinalis
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tapak liman merupakan salah satu jenis tumbuhan yang kerap digunakan banyak orang untuk pengobatan secara alami. Tumbuhan ini biasanya banyak ditemui pada negara-negara beriklim tropis.

Tumbuhan dengan nama Ilmiah Elephantopus Scaber ini masih tergabung ke dalam suku famili dari Asteraceae. Keberadaan tumbuhan tapak liman dengan kandungannya dinilai bermanfaat bagi kesehatan.

Secara morfologi, tapak liman ini biasanya tumbuh tegak dengan tinggi bisa mencapai ukuran berkisar antara 30 – 60 cm.

Akarnya berbentuk tombak dengan tekstur yang berserabut, sedangkan batangnya silindris dengan bentuk tegak. Biasanya batang tersebut memiliki tekstur tergolong lunak dengan warna hijau cenderung terang.

Baca Juga :   Kemuning, Tanaman Asli Asia Dengan Buahnya Banyak Manfaat

Selain itu, tapak liman juga memiliki daun tunggal dengan warna hijau tua. Biasanya daun tapak liman ini memiliki permukaan halus, adapun ukuran panjang daun tapak liman bisa dikisarkan antara 15 cm dengan lebarnya berkisar antara 7 cm.

Di samping itu, bagian samping daun itu pun bergerigi dengan jumlah gerigi tersebut pun cukup tergolong banyak. Biasanya daun tapak liman ini digunakan oleh sebagian masyarakat untuk pengobatan alternatif.

Sementara itu, daun dari tapak liman ini mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Adapun kandungan nutrisi tersebut biasanya seperti antioksidan, tannin, saponnin, serat, hingga sejumlah vitamin yang dapat memberikan kekebalan bagi tubuh seseorang.

Baca Juga :   Tampilan Warna Ciamik, Ketahui 3 Jenis Bunga Krisan

Oleh karena itu, daun dari tapak liman ini dengan kandungannya dapat membantu mengatasi masalah kesehatan seperti meredakan penyakit hingga menyembuhkan beberapa macam penyakit kronis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.