Kemuning, Tanaman Asli Asia Dengan Buahnya Banyak Manfaat

oleh -320 views
Kemuning Flower
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Tanaman kemuning merupakan salah satu jenis tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Tanaman tersebut masih berkerabat dengan jambu, jengkeh, dan kayu putih.

Tanaman ini mempunyai nama Ilmiah Rhodomyrtus Tomentosa yang asalnya tanaman ini asli dari Asia. Tumbuhan ini dapat tumbuh juga pada negara China, Hongkong, Taiwan, bahkan Filipina. Biasanya kemuning bisa ditemukan dimana saja mulai dari pesisir pantai sampai daratan berlahan kering maupun basah.

Secara morfologi, tanaman ini hidup pada ketinggian 0 – 400 meter diatas permukaan laut. Kemuning tersebut mempunyai bentuk daun jorong dan bundar telur dengan ujung pangkal daun cenderung runcing, sedangkan tepi daun rata dengan panjang kisaran 2 – 7 cm yang terdapat permukaannya licin mengkilap.

Baca Juga :   Lucuma, Varietas Buah Tropis Yang Kaya Kandungan Gizi

Selain itu, tanaman kemuning mempunyai bunga majemuk berwarna putih yang keluar dari ujung batang dari tanaman tersebut. Biasanya bunga tersebut mengeluarkan wangi khas sampai ke biji pohonnya, sedangkan bentuk dari bunga itu bulat telur dan tak jarang juga bulat cenderung memanjang.

Sementara itu, kemuning tersebut juga mempunyai buah berbentuk lonjong cenderung panjang dengan ukuran 1 – 1,5 cm. Buah tersebut berwarna hijau, namun ketika menjelang matang buah akan berubah warna menjadi merah cenderung ke cokelatan bahkan sampai hitam.

Baca Juga :   DPD RI Usulkan Persemaian Kayu Dan Buah Jadi Tempat Wisata

Adapun buah kemuning tersebut mengandung antosianin yang mempunyai aktivitas antioksidan dan berbagai mineral tentunya sangat banyak manfaatnya bagi tubuh terutama bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.