Perdana, KKP Lepas Ekspor Ikan Labuan Bajo Ke Malaysia Hingga Singapura

oleh -40 views
KKP Lepas Ekspor Ikan Labuan Bajo ke Malaysia dan Singapura 1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melepas ekspor perdana 483 kg ikan segar.

Adapun hal tersebut dimulai dari Bandara Komodo Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Malaysia dan Singapura.

Kegiatan ini merupakan yang pertama kali oleh CV Labuan Bajo Fishery, sebagai eksportir yang mendapatkan bimbingan sekaligus quality assurance dari Badan Pengendalian dan Pengawasan Mutu Hasil Kelautan dan Perikanan (BPPMHKP).

“Selama ini pengiriman hanya domestik, tapi setelah melalui proses quality assurance akhirnya bisa ekspor perdana,” ujar Kepala Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPM) Bima, Jonison Petrus di kantornya, Sabtu (11/11/2023).

Baca Juga :   Bisa Bikin Gagal Panen, Waspadai Hama Pada Budidaya Lele

Jonison mengatakan, sebagai salah satu unit pelaksana teknis (UPT) BPPMHKP, jajarannya melakukan quality assurance untuk memastikan mutu dan keamanan komoditas perikanan yang akan dilalulintaskan dari/ke NTT.

Quality assurance tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan ikan dan bimbingan teknis pengecekan sarana pelaku usaha hingga terbitnya sertifikat kesehatan ikan.

Khusus hari ini, komoditas yang diekspor meliputi 35 kg ikan tenggiri segar, 78 kg ikan kakap merah segar dan ikan kerapu segar diekspor menuju negara Malaysia.

Selain itu, sebanyak 254 kg ikan tenggiri segar dan 116 kg ikan kerapu segar diekspor menuju negara Singapura yang diekspor CV Labuan Bajo Fishery.

Baca Juga :   Ternyata ini Penyebab Ikan Teri Berlompatan di Jogja

“Ekspor perdana ini semakin terasa spesial karena bertepatan dengan KKP yang baru memperingati hari ulang tahun ke-24,” terang Jonison.

Selain itu, Jonison juga berharap ekspor perdana ini menginspirasi pelaku usaha lain untuk turut melakukan ekspor.

Dikatakannya, Labuan Bajo sebagai daerah wisata juga memiliki potensi perikanan yang luar biasa.

Lebih jauh, Dia menyebut SKIPM Bima secara terbuka menyediakan ruang konsultasi bagi mereka yang ingin menjangkau pasar luar negeri, khususnya dari sisi administrasi.

“Semoga ini menjadi pembuka bagi lain, kami tentu terbuka untuk melakukan pendampingan dari sisi persyaratan mutu jika ada yang mau melakukan ekspor,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.