Ternyata ini Penyebab Ikan Teri Berlompatan di Jogja

oleh -122 views
dislautkandiy
Foto : Tangkapan Layar IG@dislautkandiy

Panennews.com – Warganet dihebohkan dengan fenomena ikan teri yang berlompatan tidak keruan di sekitar pantai Kabupaten Kulon Progo maupun Gunungkidul, Provinsi Jogjakarta, Rabu (22/9/2021). Video yang diunggah dalam akun sosial Instagram @dislautkandiy tersebut memperlihatkan segerombolan ikan teri berlompatan. Tak ayal banyak warga sekitar terlihat menangkapnya dengan jaring.

Akun official milik Dinas Perikanan dan Kelautan DIY tersebut menulis Fenoma yang jarang terjadi di pesisir selatan DIY dimana banyak ikan teri yang merapat di pinggir pantai, ada yang ditangkap siang hari maupun malam hari.”

Selain itu, pihaknya menjelaskan bahwa hal tersebut dapat disebabkan oleh banyak hal diantaranya perubahan suhu air laut yang drastis, blooming alga atau plankton sebagai pakai ikan teri, maupun arus yang kuat dan gelombang tinggi.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Tinjau Unit Pengolahan Ikan Dan Budidaya Rumput Laut Di Maluku

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Catur Nur Amin menjelaskan kepada awak media bahwa fenomena tersebut terjadi pada setiap musin pancaroba. Kejadian tersebut, menurut Catur, hampir terjadi merata di seluruh pesisir pulau Jawa.

“Biasanya itu malam hari. Teri ini sifatnya mengejar cahaya. Sehingga kayak di pelabuhan itu cahayanya banyak lampu sehingga menuju ke pelabuhan bisa sampai pagi masih ada. Nanti siang menyebar,” kata Catur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.