Bisa Bikin Gagal Panen, Waspadai Hama Pada Budidaya Lele

oleh -113 views
Lele
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Budidaya ikan lele saat ini tengah dilirik dan dilakukan oleh banyaknya kalangan masyarakat. Pasalnya, ikan lele memiliki potensi nilai jual yang tergolong tinggi, sehingga dari dahulu hingga kini banyak dibudidayakan.

Namun dalam membudidayakan ikan lele tentunya tidak terlepas dari halangan dan rintangan yang salah satunya hama penganggu, jika lele terkena hama maka bisa dipastikan lele tersebut gagal panen. Oleh karena itu, waspadai dan ketahui lah jenis hama yang menyerang pembudidayaan ikan lele.

Serangan Bakteri

Baca Juga :   Ternyata Ini Jenis Lumut Yang Cocok Untuk Pakan Ikan Nila

Hama bakeri tersebut dapat menyerang ikan lele yang berubah menjadi penyakit parah, biasanya bakteri tersebut dikenal dengan Aeromonas Hydrophilla . Bakteri ini menyerang ikan lele pada bagian pangkal siripnya, adapun gejala yang ditimbulkan yaitu pembengkakan. Lele yang terserang penyakit ini akan mengakibatkan gagal panen.

Hewan Predator

Hewan tersebut merupakan salah satu hama yang menganggu budidaya ikan lele, biasanya hewan predator tersebut meliputi anjing, kucing, dan juga ular. Jenis hama ini dapat menyerang dengan memakan ikan lele, sehingga tentunya sangat menganggu dan harus diwaspadai oleh semua kalangan.

Baca Juga :   Lele, Ikan Populer Untuk Dibudidayakan

Bintik Putih

Hama selanjutnya yang patut diwaspadai yaitu serangan penyakit bintik putih, biasanya ikan lele terkena penyakit tersebut akan mengalami bintik putih diseluruh permukaan tubuhnya. Selain itu, tubuh pada ikan lele juga terasa lemas dan sangat menganggu produktivitasnya, sehingga hama ini dapat menyebabkan budidaya gagal panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.