Menteri Trenggono Lepas Ekspor 243 Ton Produk Perikanan Ke Tiongkok

oleh -30 views
Menteri Trenggono Lepas 243 Ton Produk Perikanan ke Tiongkok 3
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Sakti Wahyu Trenggono melepas ekspor 9 kontainer berisi 243 ton produk perikanan senilai Rp18,7 miliar ke Tiongkok.

Ekspor perdana dari fasilitas Cold Storage KKP di Muara Baru ini sekaligus menegaskan komitmennya dalam mengintegrasikan program prioritas berbasis ekonomi biru.

“Penangkapan ikan terukur nanti akan masuk pada versi 1 versi 2 versi 3 dan penangkapan itu diatur jenis ikan mana yang boleh ditangkap, lalu cara penangkapannya yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, sehingga kita bisa menjanjikan bahwa ikan yang dikelola dengan baik yang akan kita ekspor, baik secara kesehatannya dan higienitasnya,” terang Menteri Trenggono di lokasi Cold Storage 1000 ton KKP di Muara Baru, Jakarta Utara, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan, Kamis (09/11/2023).

Baca Juga :   KKP dan Kemendag Perketat Pengawasan Impor Ikan dan Garam

Dikatakannya juga, Tiongkok merupakan pasar produk perikanan yang memiliki pertumbuhan sangat signifikan, yaitu 22% per tahun selama 5 tahun terakhir.

Berdasarkan data International Trade Statistic, pada tahun 2022 impor produk perikanan Tiongkok mencapai USD23,5 miliar.

Lebih lanjut, hal itu atau setara dengan 12% terhadap total impor dunia, dan menempatkan Negeri Tirai Bambu ini sebagai negara pengimpor produk perikanan global ke-2 setelah Amerika Serikat.

“Peluang pasar tersebut telah dimanfaatan oleh beberapa negara produsen perikanan global, termasuk Indonesia,” terangnya.

Adapun komoditas impor utama Tiongkok yaitu udang sebesar USD6,29 miliar dengan persentase 26,8%, disusul Tepung Ikan USD 2,99 miliar, dan Lobster USD1,64 miliar.

Baca Juga :   Komisi IV : Perlu Strategi Jitu, Tingkatkan Produksi Beras Lokal

Negara pemasok utamanya meliputi Ekuador dengan kontribusi 15,4%, disusul Rusia dengan kontribusi 12,6%. Selanjutnya Vietnam dengan kontribusi 8,5%.

Kendati demikian, masih menempati urutan ke-8 dengan nilai USD1,2 miliar dan berkontribusi 5,3%, nilai ekspor Indonesia meningkat 28% dibanding tahun 2021.

“Pertumbuhan ini memberikan peluang bagi Indonesia untuk terus meningkatkan ekspor ke China,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo menjabarkan selama periode Januari-September tahun 2023, nilai ekspor produk perikanan Indonesia ke Tiongkok mencapai USD790 juta.

“Komoditas ekspor Indonesia yang mengalami tren positif di pasar China antara lain: Cumi-Sotong-Gurita, Udang, Layur-Gulama, Bawal, Tuna-Cakalang, Ikan Hias, Ubur-Ubur, dan Bandeng,” jelas Budi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.