Puluhan Desa Di Purworejo Panen Raya, Penuhi Kebutuhan Nasional

oleh -16 views
download (42)
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Para petani di Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah terus menggelar panen raya di sejumlah desa yang menjadi sentra.

Panen raya diantaranya berlangsung di Desa Laban, Desa Wonosri, Desa Jeruken, Desa Tanjungrejo, Desa Kalitanjung, Desa Wasiat, Desa Tunjungan, Desa Pejagran, Desa Wonoroto, Desa Kesidan, Desa Kumpulsari, Desa Kaliwungukidul dan Desa Awu-awu.

Koordinator PPL wilayah setempat, Woro mengatakan bahwa panen Februari ini diprediksi mencapai 783 hektar dengan puncak panen raya terjadi pada akhir Maret mendatang. Woro mengaku optimis hasil produksi tahun ini mampu memenuhi kebutuhan nasional.

“Dari hasil ubinan yang dilaksanakan di Kelompok Tani Maju beberapa waktu lalu produktivitasnya mencapai 7 ton per hektar dengan varietas Inpari 32 dan tidak ditemukan adanya serangan hama penyakit sehingga kami optimis mampu memenuhi kebutuhan pasar,” kata Woro, Selasa (27/02/2024).

Baca Juga :   Begini Manfaat Tanam Padi Menggunakan Sistem Jajar Legowo

Selain itu, Woro juga mengatakan pihaknya terus melakukan pendampingan kepada para petani di wilayah Ngombol agar mampu meningkatkan produktivitas padi di tengah ancaman perubahan iklim yang menjadi isu global saat ini.

“Tanam jajar legowo, pengairan basah kering, penggunaan varietas unggul rendah emisi, pemupukan berimbang dan pengendalian OPT ramah lingkungan terus kita galakkan agar petani tetap dapat berproduksi tinggi dalam menghadapi perubahan iklim,” katanya.

Diketahui, Kecamatan Ngombol merupakan salah satu sentra padi di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa tengah dengan luas lahan mencapai 3.425 hektar.

Baca Juga :   Mentan Amran Sebut Manfaat Lahan Rawa, Bisa Genjot Produksi Pangan

Sementara pada musim III tahun 2023 para petani berhasil menanam padi seluas 1.112 hektar yang menjadikan Ngombol sebagai lumbung pangan di Kabupaten Purworejo.

Sementara itu, salah satu petani Desa Kaliwungukidul, Legino menyampaikan terimakasih atas perhatian pemerintah pusat dalam hal ini kementerian pertanian yang memberikan banyak bantuan berupa ATD.

Hal ini dapat membantu kelancaran pengairan padi di sawah sehingga petani dapat melaksanakan budidaya padi secara lancar.

“Saya berharap terkait pupuk bersubsidi di tahun 2024 ini dapat ditambah sehingga petani tidak kebingungan karena stok pupuk subsidi hanya dapat digunakan untuk satu kali musim tanam saja,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.