Jemur Tanaman Bonsai, Jadi Ajang Petani Untuk Melestarikan Alam

oleh -36 views
bonsai-3125721__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Komunitas Pengrajin Bonsai Palabuhanratu Raya (Komunitas PBPR) menggelar Jemur Bonsai, di pelataran Alun-alun Pelabuhan Ratu.

Adapun kegiatan penjemuran tanaman bonsai ini diadakan pada Minggu (12/11/2023). Jemur bonsai dihadiri Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami.

Lebih lanjut, sebanyak 70 tanaman bonsai yang di jemur pada acara ini memukau kawasan Alun-alun Pelabuhan ratu.

Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami, menjelaskan, acara Jemur Bonsai merupakan ajang silaturahmi antara komunitas dan pemerintah untuk bersama-sama membangun daerah melalui hobby yang dimiliki.

“Selama ini petani bonsai di asumsikan merusak alam maupun lingkungan, namun setelah adanya Geopark Ciletuh Palabuhanratu petani bonsai beralih menjadi budidaya bonsai. Jadi alamnya terjaga hobby nya terpelihara,” jelasnya.

Baca Juga :   Mawar Burnet, Jenis Bunga Mawar Dengan Ragam Manfaat

Selain itu, H Marwan juga menyebutkan, hobby bonsai di Kabupaten Sukabumi cukup meningkat, bahkan bonsai Sukabumi telah meraih beberapa penghargaan di daerah lain.

Maka dari itu, potensi tersebut harus terus di kembangkan untuk mengharumkan nama daerah dan menunjang nilai ekonomi bagi para petani.

“Pemkab akan mendorong siapapun masyarakat yang memiliki pemikiran-pemikiran seperti ini,” sebutnya.

Lebih jauh, H. Marwan pun mengaku sangat bersyukur kepada para petani atau penghoby bonsai yang telah mengisi pembangunan di daerah melalui hoby atau kecintaannya ini.

Baca Juga :   Jenis Bunga Matahari Indah, Cocok Untuk Di Pekarangan Rumah

“Terus dorong potensi ini untuk mengisi pembangun daerah melalui hoby dan menjadi nilai ekonomi,” imbuhnya.

Bupati berharap kedepan acara tersebut bisa dilaksanakan secara rutin di Kabupaten Sukabumi, sehingga bonsai bisa menjadi media daya tarik para wisatawan luar untuk berkunjung ke Kab. Sukabumi.

Sementara itu, Sekretaris Pengrajin Bonsai Palabuhanratu Raya, Ayi, menambahkan, acara jemur bonsai diikuti oleh 70 bonsai dari spesies yang berbeda, dan acara tersebut sangat diharapkan oleh para penghoby bonsai.

“Karena jumlah meja bonsai yang disediakan terbatas, jadi kita hanya menampilkan sebanyak 70 bonsai saja,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.