3 Dampak Negatif Jika Memberikan Pakan Ikan Hias Secara Berlebih

oleh -95 views
Ilustrasi Pakan Ikan Foto pinterest
Ilustrasi Pakan Ikan - Foto : Pinterest

Panennews.com – Memberi pakan terhadap ikan memang jadi salah satu perawatan utama dalam memelihara ikan hias. Pasalnya, pemberian pakan ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas ikan hias serta menjaga tumbuh kembangnya.

Namun, pemberian pakan tersebut tidak boleh secara berlebihan. Hal itu karena dinilai dapat menganggu habitat bahkan produktivitasnya, terlebih bisa memberikan dampak negatif terhadap ikan hias. Adapun dampak negatif jika memberikan pakan ikan secara berlebih diantaranya.

Air Gampang Kotor

Memberikan pakan hias secara berlebih memberikan dampak negatif yang salah satunya yaitu air mudah kotor. Pasalnya, jika berlebih nantinya akan meninggalkan sisa-sisa pakan dalam air sehingga hal itu akan memberikan air cepat kotor. Selain itu, sisa pakan berlebih juga memberikan dampak negatif terhadap turunnya pH air pada akuarium atau habitat ikan hias.

Baca Juga :   Niasa, Ikan Herbivora yang Unik

Mudah Terserang Jamur

Sisa-sisa dari pemberian pakan secara berlebih, dapat memicu munculnya jamur pada sekitar habitat ikan hias. Hal ini tentunya jadi dampak negatif tersendiri jika memberi pakan ikan hias secara berlebih. Selain itu, jika jamur tersebut dibiarkan, nantinya juga akan mudah terserang penyakit.

Pompa Filter Tersumbat

Dampak negatif dari pemberian pakan berlebih selanjutnya yaitu dapat menyebabkan pompa filter akuarium menjadi tersumbat. Hal ini dikarenakan sisa-sisa pakan tersebut yang masuk ke dalam filter air, sehingga pakan yang masuk itu nantinya akan memicu terjadinya filter tersumbat. Oleh sebab itu, jangan memberikan pakan secara berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.