Niasa, Ikan Herbivora yang Unik

oleh -4 views
Ikan NIasa
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Jika sebagian besar ikan tergolong binatang karnivora, bahkan beberapa di antaranya adalah kanibal yang memakan sesama, maka ikan niasa berbeda. Ikan ini adalah herbivora yang melahap tumbuhan air di habitatnya.

Ikan dengan nama latin Melanochromis auratus ini ada juga yang menyebutnya dengan auratus cichlid. Ikan ini dikenal galak, dalam artian tingkah lakunya cenderung agresif. Namun secara fisik memiliki bentuk tubuh yang cantik dengan ukuran sekitar 12 cm pada ikan dewasa.

Tubuh ikan ini cukup pipih, dengan garis hitam yang memanjang dari kepala hingga ekornya. Garis hitam ini selang-seling dengan corak oranye/coklat dan putih, sehingga tampak seperti blaster tiga warna. Sirip ikan ini kecil, namun lihai untuk berenang.

Baca Juga :   Flying Fox, Ikan Hias Pemakan Alga

Habitat alami ikan niasa berasal dari perairan di wilayah Afrika. Namun seiring perkembangan waktu, ikan ini bermigrasi hingga menjadi penghuni alami perairan Asia Tenggara. Setelah itu ikan ini pun mulai marak dijadikan ikan hias akuarium.

Pembudidayaan ikan ini cukup mudah. Dengan kondisi air berada dalam parameter suhu 26 derajat Celcius, ikan ini bisa berkembangbiak dengan baik. Hanya saja perlu diperhatikan ikan lain yang hidup satu akuarium dengan ikan ini, karena sifatnya yang mudah menyerang ikan lain.

Baca Juga :   Kini Hadir Aplikasi SatuAir Tempat Pecinta Ikan Hias Berkumpul

Ikan niasa mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Selain itu, ikan ini bisa bertahan hidup dalam jangka waktu lama, yakni sekitar 8—10 tahun. Ikan yang dinamakan golden mbuna ini pun bisa dijadikan alternatif ikan hias untuk akuarium.

Komentar