Mengenal Tanaman Wijen, Dari Ciri Hingga Syarat Tumbuhnya

oleh -78 views
Sesame field background
Foto : Pixabay

Panennews.com – Tanaman wijen merupakan salah satu jenis tanaman biji-bijian yang keberadaannya cukup populer diberbagai negara. Pasalnya, tanaman wijen ini dimanfaatkan bijinya kerap digunakan sebagai bahan campuran makanan.

Tanaman dengan nama Ilmiah Sesamum Indicum ini masih tergabung ke dalam suku famili dari Pedaliaceae. Adapun tanaman ini memiliki ciri-ciri khusus yang jarang sekali orang mengetahuinya.

Secara morfologi, tanaman wijen ini memiliki ciri-ciri dengan ukuran tumbuh tingginya berkisar antara 60 – 120 cm. Batangnya berkayu dengan tekstur lumayan keras, biasanya batang tersebut memiliki warna hijau cenderung coklat. Pada bagian batangnya, terdapat ranting yang dilengkapi dengan daun bersifat tunggal. Daun tersebut berbentuk lidah memanjang, biasanya ukuran daun ini dapat berkisar antara 5 – 7 cm.

Baca Juga :   Ketahui Lebih Jauh 3 Manfaat Buah Pare Untuk Kesehatan

Selain itu, tanaman wijen ini juga cenderung dilengkapi oleh bunga yang kerap muncul disela-sela batang hingga daunnya. Bunga tersebut memiliki ragam macam warna yang dimulai dari putih, kuning, hingga merah muda. Adapun bunga tanaman wijen ini memiliki ciri-ciri dengan terdiri dari 3 – 7 kepala sari yang tumbuh secara berhadapan pada bagian depan bunganya.

Sementara itu, syarat tumbuh tanaman wijen ini dapat tumbuh subur pada daerah wilayah iklim tropis dengan ketinggian berkisar antara 1200 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga memiliki syarat tumbuh pada lingkungan yang cukup lembab. Meski begitu, namun tanaman ini tidak dapat tumbuh pada wilayah yang sering turun hujan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.