Mengenal Burung Mantenan, Dari Ciri-Ciri Hingga Habitatnya

oleh -141 views
A Male Scarlet Minivet, Pericrocotus speciosus, perched in a tree
Foto : Pixabay

Panennews.com – Burung mantenan merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki tampilan indah. Spesies burung ini sudah banyak tersebar pada wilayah Asia Tenggara.

Burung ini mempunyai nama Ilmiah Pericrocotus Speciosus yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Campephagidae. Di sisi lain, spesies mantenan juga termasuk ke dalam Genus Pericrocotus.

Secara morfologi, burung mantenan mempunyai ciri-ciri dengan bentuk tubuh berukuran kisaran antara 19 cm. Warna tubuh mereka biasanya memiliki dominan warna hitam dan merah, namun kebanyakan mantenan yang tersebar hanya mempunyai warna hitam.

Baca Juga :   Ancam Hutan Mangrove, Komisi IV Temukan Produk Arang Ilegal

Lebih lanjut, kakinya memiliki cakar yang sangat tajam dengan jumlah cakar tersebut biasanya 5 bagian. Pada bagian belakangnya, burung mantenan juga dilengkapi dengan ekor yang cenderung panjang. Biasanya ekornya ini digunakan untuk membersihkan sebagian cakar pada kakinya.

Selain itu, ciri-ciri burung mantenan juga pada mulutnya memiliki paruh yang lumayan panjang. Adapun parah tersebut biasanya berguna untuk berkicau hingga mencari makanannya.

Sementara itu, habitat dari pada burung mantenan ini biasanya banyak tersebar pada daerah hutan hingga pegunungan. Namun, tak jarang burung mantenan yang mempunyai sarang hingga sangkarnya pada pohon-pohon besar di sekitar hutan.

Baca Juga :   Cegah Wabah PMK, Tangerang Masifkan Pemberian Vaksin Hingga Vitamin

Lebih jauh, habitat asli dari burung mantenan ini biasanya terdapat dalam hutan dengan ketinggian berkisar antara 200 meter diatas permukaan laut. Di habitat aslinya ini, burung mantenan dapat hidup secara berkelompok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.