Mengenal Anggrek Monyet, Tanaman Hias Dengan Habitatnya Di Udara Lembab

oleh -94 views
Bear's breeches (Acanthus mollis) flowers in bloom in springtime.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Anggrek monyet merupakan salah satu jenis tanaman hias berbunga yang tumbuh pada daerah tropis maupun sub tropis.

Tanaman berbunga ini memiliki nama Ilmiah Masdevallia Simia Luer. yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Orchidaceae. Anggota famili ini juga dikenal sebagai tanaman bunga anggrek-anggrekan.

Secara morfologi, tanaman anggrek ini tumbuh secara epifit dengan ukurannya yang cenderung kecil. Biasanya ukuran panjang tanaman ini berkisar antara 1 meter, biasanya pada ukuran panjang tersebut anggrek monyet memiliki lebar berkisar antara 10 cm.

Baca Juga :   Bawang Bombai, Spesies Umbi Penyedap Masakan

Selain itu, tanaman ini juga terdapat batang dengan permukaan hingga teksturnya yang cenderung agak lunak dan berukuran pendek. Adapun daun dari tanaman anggrek ini bersifat tunggal serta berbentuk elips, biasanya ukuran daun tersebut bisa mencapai kisaran antara 5 – 7 cm.

Lebih lanjut, pada sekitar sela daunnya terdapat bunga yang menyerupai wajah monyet. Biasanya bunga tersebut memiliki ukuran berkisar antara 5 x 15 cm. Pada bunganya, terdapat zona berwarna putih pada permukaan hingga pertengahan bunga. Namun, kebanyakan bunga anggrek monyet ini memiliki warna merah yang lebih dominan.

Baca Juga :   Ganyong, Tanaman Kaya Akan Manfaat yang Belum Banyak Dikenal

Sementara itu, habitat dari tanaman anggrek monyet ini dapat tumbuh subur dengan ketinggian tanah berkisar antara 1000 hingga 1200 meter di atas permukaan laut.

Lebih jauh, adapun tanaman ini menyukai lingkungan yang sejuk hingga udara lembab dengan kisaran suhu berkisar antara 12 – 15 derajat celcius.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.