Fakta Unik Buah Lerak Yang Jarang Diketahui Orang Banyak

oleh -61 views
Sapindus rarak (lerak) on wood plate with wood background.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Buah lerak merupakan sejenis buah yang dihasilkan dari pohon lerak. Pohonnya ini biasanya tumbuh subur dengan habitatnya diberbagai hutan.

Jenis buah dengan bentuknya bulat berwarna hitam ini dipercayai oleh kalangan masyarakat memiliki banyak manfaatnya. Namun ada yang lebih mencengangkan lagi, buah ini memiliki beberapa fakta unik yang jarang sekali orang mengetahuinya. Adapun fakta unik tersebut diantaranya.

Bahan Sabun Mandi

Buah lerak memiliki manfaat sebagai bahan baku sabun mandi, sehingga hal ini jadi fakta unik dari buah tersebut. Pasalnya, buah lerak memiliki aroma yang cukup harum sebagai bahan baku sabun mandi. Selain itu, buah ini juga cenderung aman serta menyehatkan untuk berbagai macam jenis kulit.

Baca Juga :   Pohon Beringin, Dianggap Seram Tapi Punya Khasiat

Punya Banyak Nama

Fakta unik selanjutnya dari buah lerak yaitu punya banyak nama. Biasanya sejenis buah-buahan hanya terdapat 1 atau pun 2 nama lain, namun hal tersebut tidak terdapat pada buah lerak. Jenis buah yang satu ini memiliki banyak sebutan nama yang dimulai dari klerek, lamuran, hingga lerek. Biasanya sebutan nama tersebut, hanya dimiliki oleh sejumlah daerah di Indonesia yang berbeda-beda.

Menghilangkan Noda Pakaian

Kombinasi antara buah lerak dengan bahan pembersih lain, menjadikan buah lerak bisa untuk menghilangkan noda yang mengendap di pakaian. Selain itu, buah lerak juga berfungsi sebagai pemutih pakaian secara alami. Dengan begitu, ini menjadi salah satu fakta uniknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.