Panen Perdana Sayuran Pakcoy Kelompok Tani Banera Ndajang Dipuji Pembeli

oleh -40 views
Pakcoy dilahan perkebunan kelompok tani Banera Ndajang (Panennews.com/Sony Taolin)
Pakcoy dilahan perkebunan kelompok tani Banera Ndajang (Panennews.com/Sony Taolin)

Panennews.com – Kelompok Tani Hortikultura Banera Ndajang di Desa Lungar, Kabupaten Manggarai, NTT gelar panen perdana sayuran jenis pakcoy yang telah ditanam sebulan yang lalu.

Kelompok tani (KT) Banera Ndajang merupakan mitra binaan PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusra di Flores dengan memberikan tenaga pendamping membantu para petani.

“Panen perdana kami lakukan 10 Oktober lalu. Kami senang sekali karena hasil panen perdana ini habis dibeli sejumlah pedagang sayur dan pengusaha warung di Kota Ruteng. Pra pembeli juga memuji kualitas sayur mayor kami ini ,” kata Blasius salah satu petani, Jumat (13/10/2023).

Baca Juga :   Tradisi Wiwitan Jelang Panen, Wujud Syukur Awali Upaya Stabilkan Suplai Beras

Blasius juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah melalui PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusra di Flores.

“Kami apresiasi dan terimakasih kepada PLN UIP Nusra yang sudah membantu kami, kelompok tani Banera dari awal melalui program Desa Berdaya ,” kata Blasius.

Sementara itu, Andi Suwandi ( 47), pedagang sayur di Pasar Inpres Ruteng yang datang langsung ke lokasi membeli 1000 pohon Pakcoy dari Kelompok Tani tersebut dan mengaku kaget dengan kondisi sayur yang dinilainya sangat bagus.

“Pakcoy dari KT Banera ini sangat besar dan daunnya sangat lembut, beda dengan yang biasa mereka jual selama ini. Pohonnya besar, daunnya juga lembut dan sangat segar. Beda dengan yang selama ini kami jual di pasar,” kata Andi.

Baca Juga :   Cegah Inflasi, Pemprov DKI Tanam Cabai Serentak Di Sejumlah Lokasi

Lebih lanjut Andi berharap agar para petani Hortikuktura di KT Banera Ndajang ini tetap mempertahankan kualitas Pakcoy dan sayuran lainnya sehingga tetap bersaing di pasar dengan sayuran dari tempat lain.

“Saya berharap para petani ke KT Banera Ndajang ini terus berusaha mempertahankan kualitas hasil Pakcoy dan sayur mayur lainnya. Selama ini sebagai pedagang sayur, saya baru menemukan kualitas seperti ini,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.