Daun Gedi, Tanaman Herbal Khas Sulawesi Utara Yang Bisa Di Konsumsi

oleh -28 views
Flower of Hibiscus in Neve Monosson near Or Yehuda, Israel
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Daun gedi merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang tumbuh pada wilayah iklim tropis. Tanaman ini termasuk juga tanaman khas dari wilayah Sulawesi Utara.

Tanaman dengan nama Ilmiah Hibiscus manihot L. yang masih tergabung dalam suku famili dari Malvaceae. Biasanya sebagian masyarakat tengah membudidayakan tanaman ini karena banyak khasiatnya.

Secara morfologi, tanaman ini bisa tumbuh tinggi dengan ukuran panjang yang berkisar antara 2 – 3 meter. Akarnya berbentuk serabut dengan tumbuh yang tidak begitu panjang, sementara batangnya tumbuh panjang cenderung tegak hingga berkayu. Adapun batang tersebut memiliki banyak percabangan yang terdapat juga ranting pada sekitar percabangan tersebut.

Baca Juga :   Kapulaga, Rempah Asal Magelang Yang Banyak Diminati Pasar Dunia

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun yang kerap disebut dengan daun gedi. Daunnya bersifat majemuk dan memiliki banyak variasi antara warna, bentuk, hingga ukurannya. Namun lazimnya, daun tanaman herbal khas Sulawesi ini mempunyai ukuran panjang berkisar antara 2,5 cm. Daun tersebut berbentuk lanset atau cenderung memanjang dengan warnanya hijau cenderung terang.

Sementara itu, bagian batang hingga daun dari tanaman gedi ini pun cenderung memiliki banyak manfaat. Pasalnya, daun gedi ini memiliki tekstur empuk dengan cita rasa yang cenderung lezat. Oleh sebab itu,  di beberapa daerah daun muda dari tanaman gedi ini banyak orang mengkonsumsinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.