Waspadai, Ini Jenis Penyakit Yang Menyerang Tanaman Bawang Putih

oleh -38 views
garlic-3673513_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Penanaman hingga pertumbuhan tanaman bawang putih mulai dari benih, pembibitan, dan juga pemanenan. Tentunya tidak terlepas dari serangan hama hingga penyakit.

Tanaman bawang yang terserang penyakit tentunya akan mengancam tanaman itu hingga menyebabkan gagal panen. Oleh sebab itu, waspadai berbagai jenis penyakit tanaman bawang putih. Adapun ini jenis-jenis penyakit yang kerap menyerang tanaman bawang putih.

Busuk Umbi

Jenis penyakit ini biasanya menyerang bagian umbi bawang, adapun gejalanya bisa menyebabkan umbi tersebut menjadi busuk. Penyebab penyakit ini biasanya bagian umbi tersebut ada bakteri jahat yang menggerogoti bagian umbi, sehingga umbi tersebut menjadi busuk. Selain itu, penyebab penyakit ini juga tidak bersihnya lingkungan atau media tanam bawang.

Baca Juga :   Jarang Diketahui, Begini Tips Mencegah Kambing Terserang Penyakit Kudis

Bercak Daun

Penyakit ini disebabkan oleh jamur yang menyerang bagian daun pada tanaman bawang putih. Biasanya penyakit ini kerap menyerang tanaman bawang putih dengan gejala timbulnya bercak-bercak daun warna kuning. Adapun dampak negatif penyakit ini dapat menurunkan produktivitas tanaman bawang. Terlebih lagi, penyakit ini bisa menyebabkan tanaman tersebut gagal panen.

Embun Tepung

Jenis penyakit ini bisa menyerang tanaman bawang putih dengan tumbuhnya jamur pada masa awal pembentukan umbi bawang. Biasanya jenis penyakit ini dapat menyerang dalam jangka waktu yang cukup lama. Adapun gejala penyakit ini biasanya timbul bintik abu pada daun, sehingga daun tersebut pun terganggu produktivitas hingga tumbuh kembangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.