Selain Jadi Tanaman Hias, Sirih Merah Juga Punya Manfaat Bagi Kesehatan

oleh -25 views
sirih-merah-piper-ornatum-is-species-plant-family-piperaceae-close-up-selective-focus-with-blurred-background_358675-579
Foto : Freepik

Panennews.com – Sirih merah merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang saat ini tengah jadi buruan masyarakat. Pasalnya, jenis tanaman ini memiliki bentuk daun yang indah sehingga jadi tanaman hias.

Selain jadi tanaman hias, sirih merah juga kaya akan kandungan nutrisinya sehingga mempunyai manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat sirih merah tersebut antara lain.

Melawan Radikal Bebas

Daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang cukup baik, biasanya antioksidan tersebut dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, daun sirih merah juga memiliki kandungan tannin hingga flavonoid yang dapat membantu melawan radikal bebas. Oleh sebab itu, daun ini dapat bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga :   Pupuk Dari Kotoran Burung Walet, Bisa Bikin Tanaman Kuat

Menyembuhkan Berbagai Luka

Sirih merah mengandung senyawa saponin yang bersifat antiseptik. Adapun senyawa tersebut biasanya sangat berpengaruh untuk menyembuhkan berbagai luka. Selain itu, senyawa saponin juga dapat memicu terbentuknya kolagen pada kulit seseorang. Dengan kolagen ini, biasanya dapat mempercepat dalam menyembuhkan berbagai luka.

Mencegah Infeksi Bakteri

Selain bersifat antiseptik, daun sirih merah juga bersifat anti bakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Selain itu, sirih merah juga memiliki sifat flavonoid yang mencegah tumbuhnya bakteri dalam tubuh. Oleh sebab itu, daun sirih dapat mencegah infeksi bakteri dalam tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.