Kemenkop UKM Sebut Buah Kelapa Jadi Komoditas Unggulan Di Indonesia

oleh -12 views
Kelapa Genjah
Foto : Dok. BUTTMKP

Panennews.com – Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Makro Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) Rulli Nuryanto mengatakan sebagai negara agraris, kelapa merupakan salah satu komoditas unggulan di Indonesia khususnya di subsektor perkebunan.

“Komoditas kelapa berkontribusi dalam penerimaan devisa negara, penyedia lapangan kerja, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, bahan baku berbagai industri dalam negeri, perolehan nilai tambah dan daya saing, serta optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan,” kata Rulli, Senin (25/09/2023).

KemenKopUKM kata Rulli, mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama dengan International Coconut Community (ICC) dan Dewan Kelapa Indonesia (DEKINDO) yang telah menyelenggarakan kegiatan World Coconut Day 2023 yang dibuka secara resmi oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki secara virtual.

Baca Juga :   Produksi Turun, Harga Gabah Kering Panen Tembus Rp8.000 Perkilogram

“Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kelapa Indonesia mencapai 2,85 juta ton pada 2021. Jumlah tersebut meningkat 1,47% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 2,81 juta ton,” kata Rulli.

Lebih lanjut, berdasarkan data Kementerian Pertanian pasa 2022 dari rata-rata nilai ekspor kelapa selama periode 2017-2021, kontribusi ekspor kelapa terbesar berasal dari produk turunan berupa minyak kelapa setengah jadi dengan kontribusi US$384 juta atau 30,21% dari total ekspor komoditas kelapa Indonesia.

Selain itu, Rulli juga mengatakan tantangan yang masih dihadapi dalam upaya meningkatkan produktivitas kelapa di Indonesia umumnya berkaitan dengan tanaman kelapa yang telah berusia tua, serangan hama dan penyakit, alih fungsi lahan dan aspek finansial bagi petani.

Baca Juga :   Nilai Tukar Petani Hingga September 2023 Terus Naik Signifikan

“Saat ini Pemerintah sedang mendorong hilirisasi yang tidak hanya terbatas pada komoditas mineral, tetapi juga pada komoditas non mineral seperti kelapa, rumput laut, sawit dan komoditas-komoditas potensial lainnya,” kata Rulli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.