Jaga Hewan, Pemkab Temanggung Evakuasi Sapi Yang Tercebur Sumur

oleh -21 views
Hewan Sapi
Ilustrasi Hewan Sapi - Foto : Panen News/Amar

Panennews.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung mengevakuasi sapi milik Bin Slamet yang tercebur sumur.

Penyelamatan pada hewan ini dilakukan tim BPBD Kabupaten Temanggung Jumat (08/09/2023) sore di Dusun Ngrancang RT 01 RW 03 Desa Bojonegoro, Kecamatan Kedu, untuk menjaga hewan tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung Toifur Hadi mengatakan, petugas piket mendapatkan informasi dari warga, adanya sapi lepas dari kandang dan tercebur ke sumur yang ada di dekat kandang.

“BPBD Kabupaten Temanggung menurunkan tim untuk melakukan evakuasi sapi yang tercebur di sumur,” katanya.

Baca Juga :   Kenali Ciri-ciri Penyakit Helminthiasis Pada Ternak

Selain itu, Ia juga mengatakan evakuasi dengan cara petugas turun ke dalam sumur untuk selanjutnya mengaitkan tali pada tanduk.

Lebih lanjut, Petugas BPBD, relawan, dan warga selanjutnya menarik tali tersebut untuk mengeluarkan sapi keluar dari sumur yang berkedalaman beberapa meter tersebut.

Dikatakan, sapi akhirnya bisa dikeluarkan dari sumur dalam keadaan selamat, untuk selanjutnya akan mendapat pemeriksaan untuk memastikan kesehatannya.

“Kami telah berhasil mengeluarkannya, pemilik selanjutnya memeriksa kesehatannya, apakah terluka atau tidak,” imbuhnya.

Sementara itu, Toifur menambahkan sumur masih dalam satu komplek dengan kandang, sehingga diduga saat sapi terlepas lantas masuk ke sumur.

Baca Juga :   Sate Bulayak Lombok, Bumbu Sedapnya Menggoda Selera

“Pada warga kami mengimbau untuk memberi pagar pada sumur, agar ternak tidak masuk ke dalamnya juga demi keselamatan manusia,” katanya.

Lebih jauh, Ia mengatakan, BPBD tidak hanya melakukan penyelamatan pada manusia dalam kebencanaan, tetapi juga pada hewan. Terlebih lagi untuk menjaga kesehatan hewan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.