Tren Bunga Telang Sebagai Tanaman Hias Mulai Membumi

oleh -54 views
bunga telang
Bunga telang di halaman rumah Feby warga Desa Ngarus, Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. (Panennews.com/Ahmad Muharror)

Panennews.com – Tren bunga telang atau yang memiliki nama ilmiah Clitoria ternatea semakin membumi di Kabupaten Pati, Provinsi Jawa Tengah. Disamping memang diketahui memiliki segudang manfaat untuk kesehatan, tumbuhan satu ini juga mulai digunakan untuk menghiasi halaman rumah.

Seperti terlihat di halaman dan pekarangan rumah Muhammad Toyib warga Desa Pagerharjo, Kecamatan Wedarijaksa. Di situ tanaman telang ditata sedemikian rupa untuk menjadi pagar hidup nan elok.

“Saya menanam telang sejak tahun 2020 silam, saat itu ada teman dari Kabupaten Kudus yang memberikan benih. Saya cari tahu manfaatnya dan coba tanam. Dan terus saya kembang biakan,” ujar pemilik Sanggar Dolanan Tradisional Pagerharjo itu, Rabu (2/8/2023).

Baca Juga :   Dengan Cara Ini, Bikin Bunga Tasbih Semakin Subur Dan Indah

Tidak hanya sebagai hiasan, bahkan karena manfaatnya untuk kesehatan, Toyib juga bereksperimen telang dicampur dalam olahan makanan. Seperti martabak hingga gorengan untuk ia jual kemudian, biasanya didampingi es telang maupun wedang telang.

“Kita buat teh telang, untuk minuman hangat biasanya dicampur jahe. Di sini kebetulan banyak yang suka. Meski begitu saya tidak jual online (daring), sebatas warga sekitar saja yang mau jajan ke sini,” terangnya.

Bahkan, jika ada warga yang berminat untuk menanam bunga telang, Toyib secara suka rela memberikan bibitnya. Atau jika hanya butuh bunganya, dipersilahkan untuk memetik sendiri.

Fungsi tanaman telang untuk hiasan rumah juga dilakukan oleh Feby warga Desa Ngarus, Kecamatan Pati Kota. Di halaman rumah yang terbatas khas perkotaan, bunga telang yang ditanamnya sangat cantik dan teduh.

Baca Juga :   Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Sajikan Keindahan Alam

“Mayoritas warga sini bekerja di kantor, tapi enaknya bunga telang mudah perawatannya jadi enggak bikin ribet. Disamping banyak manfaatnya, kita bisa panen sewaktu-waktu karena selalu berbunga tiap hari,” ungkapnya.

Seperti disebutkan Toyib, Febi turut menuturkan biasa memanfaatkan bunga telang untuk menjadi minuman dan campuran kuliner.

“Kita petik bunganya, jemur. Kalau sudah kering kita bisa ambil secukupnya untuk dijadikan teh herbal. Tuang air hangat dan campur jeruk limau sangat segar. Biasa kita buat puding juga, warnanya cantik,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.