Menteri Teten Dukung UMKM Kuliner Go Digital Hingga Naik Kelas

oleh -13 views
thumb_1691383417_170.
Foto : Dok. Kemenkop UKM

Panennews.com – Menjelang peringatan hari UMKM Nasional pada 10-13 Agustus 2023 mendatang, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki mendukung langkah strategis Grab Indonesia yang turut memberdayakan pelaku UMKM, khususnya sektor kuliner, untuk go digital dan naik kelas.

“Bahkan, sekarang, sudah masuk ke pasar-pasar penjual sayur buah dan kebutuhan sembako sehari-hari. Itu akan berdampak besar, terutama pada omzet atau pendapatan mereka,” ujar MenKopUKM Teten Masduki pada acara Hajatan UMKM 2023 (Menuju Hari UMKM Nasional), di Fresh Market Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, Minggu (06/08/2023).

Baca Juga :   Malioboro Coffee Night, Jadi Media Diplomasi Kopi Nusantara Mendunia

Selain itu, Menteri Teten juga mengatakan mayoritas pelaku UMKM berada di sektor kuliner, sehingga Pemerintah saat ini tengah berusaha ingin menaikkan kelasnya.

“Di sektor kuliner inilah, kita mempunyai keunggulan yang bisa bersaing dengan industri. Bahkan, bisa bersaing dengan usaha-usaha besar di sektor kuliner,” kata MenKopUKM.

Lebih lanjut, bagi MenKopUKM, dengan keberagaman sektor kuliner yang dimiliki dari Aceh hingga Papua ini yang seharusnya menjadi fokus dalam pengembangan UMKM.

“Sehingga, sektor ini tidak bisa dikapitalisasi hanya oleh satu dua brand atau investasi besar saja,” ujar Menteri Teten.

Baca Juga :   Menkop Teten Ajak Aktivis Dialog Untuk Mendorong Sejuta Wirausaha Baru

Lebih dari itu, terkait UMKM naik kelas, menurut Menteri Teten, ajang seperti ini menjadi momentum untuk berkembang, di mana pedagang kuliner kecil-kecil dan para pedagang pasar tradisional bisa menjangkau konsumen lebih luas.

“Sehingga, mereka tidak harus sewa toko di tempat mahal. Dan dengan begitu, mereka bisa naik kelas. Jadi, ketika market semakin besar, pendapatan makin besar, itu indikator naik kelas yang sebenarnya itu,” tutup MenkopUKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.