Food Loss Dan Food Waste, Bisa Jadi Upaya Atasi Permasalahan Pupuk

oleh -29 views
pupuk pertanian
Ilustrasi Pupuk Pertanian - Foto : Freepik

Panennews.com – Anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania menyoroti mengenai isu food loss dan food waste yang tengah menjadi perhatian publik bahkan dunia.

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sampah makanan terbesar di dunia selain Arab Saudi dengan jumlah sampah makanan terbuang mencapai 23-48 juta ton per tahun.

“Berkaitan dengan kondisi kita secara nasional dan global, kita saat ini di satu sisi tengah berjibaku dengan ketahanan pangan kita sendiri. Kemudian juga secara global kita diancam krisis pangan, itu sudah di mana-mana berita. Tapi di satu sisi data yang kita terima kemudian artikel-artikel juga yang kita baca itu membuat paradoks gitu, jadi bertentangan,” ujar Yessy dalam Rapat Kerja Komisi IV dengan Menteri Pertanian di Gedung Nusantara, DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (30/08/2023).

Baca Juga :   MoU Indonesia Dengan FAO, Bapanas : Wujudkan Anak Muda Jadi Petani

Adapun Food loss merupakan makanan yang mengalami penurunan kualitas yang disebabkan oleh berbagai faktor selama proses rantai pasokan makanan sebelum menjadi produk akhir dan biasanya terjadi pada tahap produksi, pasca panen, pemrosesan hingga distribusi.

Sementera food waste biasanya merupakan makanan sisa berkualitas baik dan layak konsumsi namun kemudian dibuang atau telah kadaluarsa.

Lanjutnya, melihat besarnya jumlah timbunan sampah makanan terutama dari food loss menjadi salah satu indikator belum maksimalnya rantai pangan Indonesia. Untuk itu, perlu menjadi perhatian bagi Lembaga yang memiliki wewenang dalam hal ketahanan pangan.

Baca Juga :   PP Muhammadiyah Apresiasi Kinerja Mentan Syahrul Membangun Sektor Pertanian

“Nah ini saya berpikir simple, kita juga dengan persoalan pupuk saat ini, pupuk langka, pupuk langka itu terus. Ketika pulang ke dapil juga semua anggota akan diserang dengan pertanyaan itu. Kenapa kita tidak mencoba gitu mengajak kawan-kawan muda yang punya potensi mengolah food loss dan food waste ini dijadikan pupuk organik? ini kan punya potensi besar, sudah berapa kita bisa membantu meminimalisir persoalan pupuk,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.