Ganyong, Tanaman Kaya Akan Manfaat yang Belum Banyak Dikenal

oleh -703 views
Ganyong
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Ganyong, mendengar namanya mungkin masih terasa asing bagi Anda. Tanaman ini merupakan jenis tanaman penghasil umbi meski tak sepopuler tanaman jenis lain seperti ubi jalar. Namun, mengenai manfaat tanaman yang juga disebut laos merah ini bisa dimanfaatkan dalam segala hal.

Bentuk umbinya tidak beda jauh dari tanaman laos. Maka dari itu, sering dipanggil laos merah. Sebenarnya Anda dapat memanfaatkan umbi dari tanaman bernama latin Canna edulis ini sebagai pengganti makanan pokok. Hal itu di dasari dari kandungan karbohidrat dan protein yang sangat tinggi.

Baca Juga :   Mentan Amran Pastikan KTP Petani, Jadi Solusi Pengambilan Pupuk Subsidi

Ciri utama dari tanaman ganyong ialah umbinya yang berukuran agak besar. Besar umbi siap panen bisa mencapai 5-8,7 cm dengan panjang mencapai 10-15 cm. Batang tanaman ini berumpun dengan daun lebar memanjang berbentuk elips. Warna daun umumnya berwarna ungu tapi ada juga yang hijau tua.

Lebih jauh, bunga pada tanaman ini memiliki warna jingga dengan beberapa bagian pangkal berwarna kuning. Anda dapat menemukan bunga ini berbunga secara tunggal maupun berpasangan. Selain itu buahnya pun ada dengan membentuk kotak beruang tiga yang bisa berisi beberapa biji.

Baca Juga :   BPS : Ekspor Pertanian Desember 2020 Tumbuh 16,61 Persen YOY

Tanaman laos merah ini tidak pilih-pilih tempat. Sebab mudah tumbuh di mana saja asal terhindar dai angin kencang. Hal itu mengingat batangnya berumpun sehingga mudah rubuh terkena angin. Masa panen bisa di nikmati saat tanaman berumur 4-8 bulan.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai tanaman ganyong. Tanaman ini kaya akan manfaat sebab bisa dijadikan pengganti makanan pokok. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkannya untuk obat herbal penyembuh pencernaan serta menguatkan tulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.