Dahsyat, Ekspor Limbah Pengolahan Kopra Capai Hingga Rp10 Miliar

oleh -24 views
1691464682_c8a62cbee041d1ca4d3b
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Karantina Gorontalo berikan fasilitas sertifikasi ekspor terhadap 3300 ton bungkil kelapa asal Gorontalo yang akan berlayar menuju Tiongkok.

Sebelum dikirim, komoditas senilai Rp9,9 Miliar tersebut diawasi oleh Pejabat Karantina Gorontalo dan diberikan perlakuan fumigasi dengan PH3 (Phosphine) sesuai persyaratan phytosanitary dari negara tujuan.

“Sebelum diekspor, kami lakukan pengambilan sampel bungkil kelapa yang akan diekspor. Kemudian kami bawa menuju laboratorium Karantina Pertanian Gorontalo untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dipastikan bahwa media pembawa tersebut bebas dari OPTK,” tutur Suprapty selaku Petugas Pengambil Contoh, Selasa (08/08/2023).

Adapun pada bulan Juni tahun 2023, bungkil kelapa juga diekspor sejumlah 3.650 ton senilai Rp 11,3 Miliar dengan tujuan Cina.

Baca Juga :   KKP Antarkan Ekspor Produk Perikanan Ke 172 Negara

Sementara itu, Tri Wulan selaku Subkoordinator Substansi Karantina Tumbuhan menyampaikan bahwa pemeriksaan komoditas ekspor sudah sering dilaksanakan. Upaya tersebut merupakan salah satu wujud bahwa Karantina Pertanian Gorontalo dalam peningkatan pendapatan daerah melalui ekspor, khususnya komoditas pertanian.

“Kami terus mendukung para pelaku usaha pertanian dan selalu mendorong potensi wilayah yang ada di Provinsi Gorontalo agar bisa tembus hingga pasar mancanegara. Tentu saja diiringi dengan meningkatkan kualitas produk-produk komoditas pertaniannya, sehingga semakin banyak para pelaku usaha di luar negeri yang tertarik dengan produk pertanian dari Provinsi Gorontalo,” imbuhnya.

Baca Juga :   Bantul Bangun Balai Penyuluhan Baru, Penyuluh dan Petani Diharapkan Lebih Semangat

Lebih jauh, tanaman kelapa menjadi salah satu komoditas unggulan Provinsi Gorontalo. Kelapa asal Gorontalo telah berhasil diekspor dalam berbagai bentuk produk, antara lain bungkil kelapa, kelapa parut, dan minyak kelapa mentah.

Selain itu,bBungkil kelapa atau bungkil kopra juga merupakan salah satu limbah padat yang diperoleh dari proses pengolahan inti kopra menjadi minyak kelapa. Bungkil kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pakan ternak asal tumbuhan.

“Setiap media pembawa yang akan dilalulintaskan dari ataupun menuju wilayah Provinsi Gorontalo, akan dilakukan tindakan karantina yang sesuai dengan prosedur, sehingga akan mencegah tersebarnya OPTK” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.