Mengenal Menteng, Buah Khas Lokal Yang Kini Terancam Punah

oleh -48 views
Mafai or Baccaurea ramiflora isolated on white background.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Buah menteng merupakan salah satu jenis buah khas lokal Indonesia. Buah tersebut biasanya kerap mudah ditemukan pada wilayah Pulau Jawa hingga Pulau Sumatera.

Buah dengan nama Ilmiah Baccaurea Racemosa ini masih termasuk ke dalam suku famili dari genus Bacaurea. Buah ini juga memiliki nama lain yang kerap disebut sebagai buah Kepundung, Rambai, dan juga Rambe.

Secara morfologi, buah menteng ini berasal dari pohon menteng yang tergolong sebagai tanaman perdu. Spesies pohon tersebut dapat tumbuh tinggi hingga mencapai kisaran antara 15 hingga 20 meter. Biasanya batang dari pohon menteng berwarna coklat cenderung hitam dengan permukaan batangnya yang kasar.

Baca Juga :   Calincing Tanah, Tumbuhan Liar Berkhasiat

Selain itu, pohon ini juga dilengkapi dengan daun berbentuk lonjong. Biasanya daun tersebut memiliki panjang yang berkisar antara 7 – 10 cm, adapun warna daun tersebut yaitu hijau cenderung gelap. Di sisi daun ini, terdapat buah menteng yang tumbuh secara berkelompok. Buah ini memiliki ukuran kecil dengan tekstur yang cukup keras, biasanya buah ini mempunyai cita rasa cenderung asam menyegarkan.

Sementara itu, distribusi hingga penyebaran buah menteng ini cukup terbilang susah didapatkan. Pasalnya, beberapa daerah di Indonesia saat ini tidak banyak membudidayakan buah tersebut. Dengan demikian, buah ini terancam punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.