Calincing Tanah, Tumbuhan Liar Berkhasiat

oleh -403 views
Chinese Herbal Medicine - Oxalis Corniculata L (O Repens Thunb)
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Calincing tanah merupakan salah satu tumbuhan liar berbunga yang kerap dapat ditemukan pada pekarangan rumah atau pun sawah. Tumbuhan tersebut mempunyai kecenderungan untuk tumbuh pada wilayah agrikultur.

Calincing tanah mempunyai nama Ilmiah Oxalis Corniculata L ini masih satu famili dari genis Oxalis. Biasanya banyak dari kalangan masyarakat mengenal tumbuhan tersebut dengan tumbuhan khasiat.

Tumbuhan calincing memiliki bentuk daun yang cenderung unik dan hampir mirip dengan jantung. Adapun satu tangkai daun tersebut biasanya terdapat tiga helas anak daun, bahkan ada pula yang mempunyai empat helai anak daun. Namun, hal tersebut jarang terjadi.

Baca Juga :   Paku Tanduk Rusa, Tumbuhan Daun Mirip Tanduk Rusa

Bentuk daun calincing ini cenderung tipis dan tidak seperti tumbuhan lainnya yang punya daun tebal, biasanya daun tersebut bergerombol pada selingan batang pohonnya. Adapun tumbuhan calincing ini pun terdapat bunga berukuran kecil yang tersusun rapi seperti payung, kelopak bunga tersebut berwarna kuning.

Selain itu, tumbuhan tersebut banyak dipercayai oleh kalangan masyarakat dapat berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai macam keluhan penyakit yang diantaranya radang tenggorokan, infeksi saluran kencing, dan juga bisa menghilangkan bau yang berlebih pada mulut seseorang.

Baca Juga :   Sisik Naga, Tumbuhan Dengan Kandungannya Yang Bermanfaat

Adapun kandungan daripada tumbuhan calincing tersebut yaitu flavonoid, asam lemak, vitamin C, asam oksalat, tannin, minyak atsiri, dan saponin. Dengan kandungan tersebut, tumbuhan calincing dapat bermanfaat serta berkhasiat untuk kesehatan meskipun tumbuhan tersebut dinilai liar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.