Lemna, Tumbuhan Air Yang Jadi Pakan Alternatif Untuk Ikan

oleh -51 views
Common duckweed, Lemna sp., from central of Thailand
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Lemna merupakan salah satu jenis tumbuhan air yang biasanya dapat dijumpai pada danau, sungai, hingga rawa-rawa perairan. Lemna ini biasanya dapat tumbuh subur hingga cenderung lebat.

Tumbuhan ini mempunyai nama Ilmiah Lemna Sp. yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Lemnaceae. Keberadaan lemna ini cenderung memiliki manfaat pada ekosistem perairan bahkan makhluk hidup.

Secara morfologi, tumbuhan lemna ini berukuran kecil yang tumbuh secara bergerombol pada bagian batang. Biasanya batangnya memiliki panjang berkisar antara 10 cm yang terdapat daun lemna cenderung banyak. Adapun daun lemna itu sendiri berwarna hijau dengan ukuran daunnya dapat mencapai kisaran antara 3 cm, sedangkan lebarnya 2 cm.

Baca Juga :   Mengenal Ciri Ikan Cupang Stres, Begini Cara Mudah Untuk Mengatasinya

Selain itu, akar dari tumbuhan ini berbentuk serabut berwarna hijau cenderung coklat. Biasanya akar tersebut mempunyai permukaan yang cenderung kasar pada bagian depan hingga belakangnya. Meski begitu, akarnya ini dapat tumbuh subur serta mudah beradaptasi dengan berbagai jenis air sungai atau pun danau.

Sementara itu, tumbuhan lemna ini dengan daun, batang, hingga akarnya memiliki kandungan senyawa protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Lebih lanjut, kandungan proteinnya ini juga dapat bersifat antioksidan sehingga sangat baik untuk di konsumsi oleh berbagai jenis ikan. Oleh karena itu, tumbuhan air ini bisa jadi pakan alternatif ikan hias maupun ikan budidaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.