Jaga Ekosistem Laut, KKP Kumpulkan Sampah Di Pantai Belitung

oleh -18 views
BCL Belitung
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar kegiatan Bulan Cinta Laut di Pantai Tanjung Kalayang, Kabupaten Belitung pada Selasa (04/07/2023).

Kegiatan ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 852 Kilogram terdiri dari 350 Kg sampah plastik dan 502 Kg sampah organik.

Selain itu, Kegiatan BCL ini juga menjadi rangkaian pelaksanaan keikutsertaan Indonesia pada Forum Ekonomi Biru ASEAN yang diselenggarakan sehari sebelumnya di Belitung. Sebanyak 170 peserta yang terdiri dari 20 orang dari perwakilan Pemerintah Daerah/OPD Kabupaten Belitung, 80 orang dari perwakilan kelompok nelayan, 60 orang dari masyarakat pesisir setempat, 10 orang dari perwakilan kelompok penggiat lingkungan. Kegiatan ini dilakukan sepanjang ± 3 km menelusuri Pantai Tanjung Kalayang.

Baca Juga :   Fakta Menarik Belut Moray, Biota Laut Bertubuh Panjang

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manopo dalam sambutannya menyampaikan bahwa aksi ini merupakan langkah inisiatif bersama semua pihak yang melibatkan peran sentral dari seluruh K/L, Pemerintah Daerah, Mitra/NGO, Komunitas Penggiat Sampah dalam upaya untuk mengedukasi kesadaran nelayan dan masyarakat serta mengkampayekan pentingnya menjaga laut agar tetap bersih sehingga ekosistem laut menjadi sehat.

“Pemerintah Indonesia sangat serius dalam upaya penanganan sampah laut. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menginisiasi upaya kolektif bersama nelayan melalui Aksi Bulan Cinta Laut. Pada tahun 2023, Aksi Bulan Cinta Laut oleh nelayan akan dilaksanakan secara serentak selama bulan Juli 2023 di 18 lokasi dengan total nelayan terlibat 1.350 nelayan” terang Victor.

Baca Juga :   Wujudkan Ketahanan Pangan, KKP Angkat Isu IUUF hingga Sampah Laut di Forum APEC

Lebih jauh, Victor menambahkan dalam pelaksanaan Aksi Bulan Cinta Laut, nelayan memiliki peran penting dalam pengelolaan sampah di laut, dimana dalam satu bulan tertentu, nelayan kecil melaut sembari mengumpulkan sampah di laut. Nelayan berpartisipasi aktif dalam pengumpulkan sampah plastik di laut yang dikumpulkan.

Sebagai informasi, Aksi Bulan Cinta Laut telah dicanangkan sebagai “Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut” yang pada tahun 2022 telah melibatkan 1.721 nelayan secara serentak di 14 lokasi pesisir seluruh Indonesia dengan total pengumpulan sampah sebesar 89,44 Ton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.