Indonesia Ajak Negara Asean Jaga Kesehatan Laut Dengan Ekonomi Biru

oleh -31 views
WhatsApp Image 2022-12-29 at 10.57.29
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan mengajak negara-negara ASEAN bersinergi menjaga kesehatan laut melalui pengelolaan berbasis ekonomi biru.

KKP telah merancang lima program Ekonomi Biru yang siap diimplementasikan pada sektor kelautan dan perikanan nasional, yang diharapkan dapat menjadi referensi bagi negara-negara ASEAN.

“Indonesia tidak akan bisa menjaga lautan kita sendirian. Kami percaya Forum Ekonomi Biru ASEAN menjadi momentum memperkenalkan upaya-upaya nyata yang telah dilakukan Indonesia di forum regional ASEAN,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Victor Gustaaf Manoppo, mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono pada Forum Ekonomi Biru ASEAN pada Kamis (06/07/2022) di Belitung.

Baca Juga :   Rokhmin Dahuri Dorong Pemerintah Kota Dumai Tingkatkan Pembangunan Sektor Kelautan dan Perikanan

Program prioritas berbasis ekonomi biru meliputi perluasan konservasi laut, penangkapan ikan terukur berbasis kuota, pembangunan budidaya laut, pesisir dan darat yang berkelanjutan, pengawasan dan pengendalian kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil, serta pembersihan sampah plastik melalui gerakan partisipasi nelayan atau bulan cinta laut.

Selain mengutamakan kelestarian kesehatan lautan, kebijakan strategis Ekonomi Biru juga membuka peluang investasi, lapangan kerja dan pemerataan pertumbuhan ekonomi nasional untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di daerah.

Lebih lanjut, melalui gagasan lima program Ekonomi Biru pada sektor kelautan dan perikanan, Indonesia diharapkannya dapat menjadi referensi dan kiblat bagi negara-negara ASEAN lainnya dalam pelaksanaan prinsip Blue Economy.

Baca Juga :   2 Paus Sperma Terdampar Di NTT Dalam Kondisi Mati

“Saya berharap Forum Ekonomi Biru ASEAN dapat memperkaya pandangan dan informasi dari berbagai negara ASEAN untuk implementasi Ekonomi Biru, khususnya untuk sektor kelautan dan perikanan,” tutup Victor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.