Agar Terhindar Penyakit, Begini Tips Menjaga Kandang Kambing

oleh -68 views
Kandang Terkoleksi
Dok. istimewa

Panennews.com – Menjaga kebersihan kandang merupakan salah satu hal yang terpenting dalam memelihara kambing. Dengan begitu, kambing tetap sehat dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Oleh karena itu, ada berbagai macam tips dalam menjaga kebersihan kandang agar terhindar dari penyakit. Hal ini jarang sekali orang mengetahuinya, adapun tips tersebut antara lain.

Rutin Membersihkan Kandang

Agar kandang kambing terhindar dari penyakit salah satu tipsnya yaitu membersihkan kandang secara rutin. Hal ini dengan melakukan pencucian kandang, biasanya pencucian tersebut dapat dilakukan pada kurun waktu yang berkisar antara 1 minggu sekali. Selain itu, untuk hasilnya yang lebih maksimal maka untuk pencuciannya itu sendiri dapat berkisar antara 1 minggu 2 kali.

Baca Juga :   Kucing Anda Sering Kedinginan, Begini Cara Mengatasinya

Buat Saluran Kotoran

Penyebab kambing terserang penyakit yaitu seringnya terkena kotoran dalam jumlah yang cukup lama. Oleh karena itu, pembuatan saluran pembuangan kotoran ini wajib diberlakukan. Pasalnya, dengan begitu kandang akan terorganisir dalam pembuangan kotorannya. Selain itu, dengan adanya saluran kotoran ini juga membuat kandang semakin bersih karena kotoran yang tidak berserakan.

Semprot Kandang 

Agar kandang kambing tidak menjadi sumber penyakit salah satu tipsnya yaitu semprotkan kandang secara teratur. Penyemprotan ini biasanya menggunakan cairan disenfektan atau pun menggunakan cairan anti virus lainnya. Hal ini dilakukan agar kandang terhindar dari berbagai virus sumber penyakit. Adapun penyemprotan ini dilakukan pada kurun waktu berkisar antara 1 bulan 1 kali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.