3 Daerah Penghasil Buah Mangga Terbesar Di Indonesia, Apa Saja?

oleh -40 views
Ilustrasi Buah Mangga
Ilustrasi Buah Mangga - Foto : Freepik

Panennews.com – Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam termasuk buah mangga. Buah tersebut cukup banyak di gemari oleh banyaknya kalangan masyarakat dengan cita rasanya manis cenderung segar.

Ada beberapa daerah yang merupakan penghasil buah mangga terbesar di Indonesia. Daerah tersebut tidak banyak orang mengetahuinya, adapun daerah penghasil buah mangga terbesar antara lain.

Jawa Timur

Daerah ini menempati urutan pertama sebagai daerah penghasil buah mangga terbesar di Indonesia. Pasalnya, Data Badan Pusat Statistik menunjukkan Jawa Timur dapat menghasilkan mangga berkisar antara 1,2 juta ton per-tahun. Hal ini menunjukkan angka yang cukup fantastis di bandingkan daerah lainnya.

Baca Juga :   Puluhan Ribu Petani Tembakau di Lotim Dilindungi BP Jamsostek

Jawa Tengah 

Berdasarkan data Kementerian Pertanian di tahun 2021, daerah tersebut menempati urutan kedua sebagai penghasil buah mangga terbesar. Adapun daerah Jawa Tengah dapat menghasilkan buah mangga dengan jumlah berkisar antara 457 ribu ton per-tahun. Selain itu, daerah ini juga cukup populer dengan berbagai jenis olahan buah mangga yang terbilang lezat.

Jawa Barat

Masih di tanah jawa, kali ini Jawa Barat pun tak mau kalah dengan lainnya. Menurut survei Kementerian Pertanian daerah ini pada akhir tahun 2022 menghasilkan panen mangga dengan jumlah yang cukup tinggi, adapun jumlah tersebut berkisar antara 447 ribu ton per-tahun. Selain itu, daerah ini juga memiliki perkebunan mangga yang cukup luas. Oleh sebab itu, daerah Jawa Barat pun menjadi salah satu daerah penghasil buah mangga terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.