Pesut Mahakam, Biota Laut Endemik Indonesia Yang Dilindungi

oleh -134 views
A killer whales (Orca) plays in water.
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pesut mahakam merupakan salah satu jenis biota laut yang dapat hidup di perairan air tawar. Jenis biota laut ini satu-satunya jenis lumba-lumba yang berhabitat pada perairan air tawar.

Biota laut dengan nama Latin Orcaella brevirostris masih termasuk ke dalam suku famili dari Delphinidae. Biasanya populasi pesut mahakam ini tersebar pada perairan sungai mahakam yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Secara genetik, lumba-lumba pesut mahakam ini mempunyai panjang tubuh pada ukuran yang berkisar antara 2,75 meter. Biasanya pada ukuran panjang tersebut, biota laut ini memiliki berat badan hingga kisaran 90 – 200 kilogram. Tubuh pesut mahakam ini berbentuk bulat cenderung memanjang yang di lengkapi dengan kepala tumpul dan membulat.

Baca Juga :   Penyebab Dan Ciri Udang Stres, Begini Cara Mengatasinya

Selain itu, tubuh dari pesut mahakam ini juga di lengkapi dengan warna silver, abu-abu, hingga putih cenderung abu. Namun, populasi yang tersebar kebanyakan berwarna silver dan juga abu-abu. Biasanya warna tersebut hampir banyak di temukan pada habitat aslinya yaitu di kawasan sungai mahakam daerah Kalimantan tersebut.

Sementara itu, populasi pesut mahakam ini terancam punah. Namun, dibalik statusnya yang terancam punah, pesut mahakam ini memiliki peranan penting bagi ekosistem lingkungan sekitarnya. Oleh sebab itu, keberadaan biota laut tersebut sangat di jaga kelestariaannya dan menjadi salah satu biota laut yang dilindungi pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.