Miana Ungu, Tanaman Hias Dengan Warna Daun Menarik

oleh -142 views
Red miana ornamental plants, iler, or Coleus atropurpureus
Foto : Pixabay

Panennews.com – Ada berbagai macam tanaman miana yang salah satunya miana ungu ini. Tanaman tersebut saat ini tengah banyak digandrungi oleh kalangan masyarakat sebagai tanaman hias dalam ruangan maupun luar ruangan.

Tanaman yang memiliki nama Ilmiah Coleus scutellarioides L ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Magnoliapsida. Spesies mereka biasanya menyukai media tanam pada tanah yang terbilang lembab.

Secara morfologi, miana ungu ini dapat tumbuh tinggi dengan ukurannya yang berkisar antara 1,5 meter. Biasanya pada ukuran tersebut tanaman ini menggunakan media tanam berupa pot atau pun media tanam sempit lainnya. Namun, kebanyakan miana ungu ini dapat di letakkan pada media tanam pot hingga polybag.

Baca Juga :   Kementan Operasi Pasar Jamin Pasokan Cabai

Selain itu, tanaman miana ini juga memiliki syarat tumbuh dengan tanah yang subur dan gembur. Biasanya jenis tanah yang cocok untuk tanaman ini menggunakan tanah yang cenderung lembab, mengingat miana ungu sangat menyukai area tanam yang basah. Lebih lanjut, agar tetap subur tanah tersebut gunakan juga pupuk untuk menambah produktivitasnya.

Sementara itu, terlepas dari sisi syarat tumbuhnya. Tanaman ini juga memiliki daun berbentuk bulat telur yang bersifat tunggal, adapun daunnya mempunyai ukuran panjang yang berkisar antara 7 – 11 cm. Sedangkan lebar dari daun ini biasanya mencapai kisaran 5 – 7 cm.

Baca Juga :   PJ. Ketua TP PKK Bali Dorong Gerakan Penanaman Cabai Di Bali

Lebih jauh, daun ini pun memiliki warna ungu yang cenderung cerah. Hal ini banyak dari kalangan masyarakat yang menyebut warna dari daun ini pun cukup terbilang cantik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.