Pohon Ketapang, Tumbuh Rindang Di Kawasan Hutan Tropis

oleh -82 views
istockphoto-1204931290-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pohon ketapang merupakan salah satu pohon besar yang saat ini penyebarannya cukup luas pada wilayah iklim tropis. Pohon besar yang satu ini tak jarang kita temukan pada pinggir-pinggir jalan maupun sebagai penghias taman.

Pohon besar dengan nama Latin Terminalia Catappa ini masih termasuk ke dalam suku famili dari Combretaceae. Di Indonesia, pohon ini memiliki banyak sebutan nama yaitu Talisei, Taliho, dan juga Kalis.

Secara morfologi, pohon tersebut dapat tumbuh tinggi dengan ukurannya yang mencapai kisaran antara 40 meter. Batangnya memiliki percabangan ranting banyak dengan warna batang tersebut coklat cenderung hitam, biasanya batang dari pohon ini terdapat permukaan dengan tekstur keras.

Baca Juga :   Pohon Ulin, Dengan Batangnya Penghasil Kayu Multifungsi

Selain itu, pohon ketapang juga mempunyai daun dengan bentuk bulat memanjang berwarna hijau cenderung merah. Ukuran daun tersebut biasanya berkisar antara 5 – 8 cm dengan ujungnya yang berciri tajam. Pada sisi daun ini, terdapat bunga kecil berwarna kuning putih yang tersusun hingga 5 mahkota bunga tersebut. Biasanya bunga ini memiliki aroma harum yang terdapat pada bagian mahkotanya.

Sementara itu, pohon besar ini memiliki habitat asli yang idealnya tumbuh secara optimal pada kawasan dataran rendah maupun tinggi. Lebih lanjut, biasanya pohon ini juga tumbuh secara rindang pada kawasan hutan tropis yang dimulai dari hutan rawa, hutan pantai, hingga hutan jati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.