Selain Indah, Ikan Capungan Banggai Punya Siklus Hidup Unik

oleh -80 views
2-170667a
Foto : Pixabay

Panennews.com – Bagi anda pecinta ikan hias tentunya sudah tidak asing lagi dengan ikan capungan banggai. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan endemik asal Indonesia Timur.

Tampilan menarik dan indah tentunya jadi pusat perhatian kalangan masyarakat dalam memelihara ikan ini. Namun pada sisi lain, ikan ini juga memiliki siklus pada kehidupannya yang tergolong unik.

Dalam kondisi lingkungannya yang terbilang sehat, ikan ini punya siklus hidup lebih dari kisaran antara lima tahun lamanya. Adapun kondisi lingkungan hidup ikan ini meliputi tempat yang bersih hingga kualitas air yang cukup baik, biasanya dalam kehidupannya itu ikan ini memiliki umur dan usia yang cukup panjang.

Baca Juga :   KKP Sidak Pelaku Usaha Importasi Komoditas Perikanan Di Muara Baru

Selain itu, siklus hidup yang unik juga dapat ditandai pada habitat aslinya mereka sering berkelompok hingga bergerombol. Biasanya dalam kelompoknya ikan ini berjumlah kisaran antara 20 – 30 ekor ikan terdapat yang jenis betinanya, sedangkan jenis jantan dapat berkelompok hingga jumlah berkisar antara 20 – 50 ekor. Adapun habitat asli dari ikan capungan banggai ini pada dasar laut yang menetap di terumbu karang dalam ukuran besar.

Sementara itu, proses dari pada perkawinan jenis ikan ini pun cukup unik yang dimulai dari jenis jantan menglingkari jenis betinanya. Ketika si betina dan jantan sudah cocok, kedua ikan ini akan memisahkan diri dari kelompoknya, sehingga proses pembuahan dan perkawinan ini berlangsung secara eksternal. Hal ini tidak terdapat dalam siklus hidup jenis ikan lainnya, sehingga cukup terbilang unik sendiri bagi ikan capungan banggai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.