Mengenal Kambing Gembrong, Jenis Kambing Lokal Cocok Untuk Kurban

oleh -306 views
goat-6750208_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kambing gembrong merupakan salah satu jenis kambing endemik Indonesia. Jenis kambing ini diketahui hasil persilangan dari jenis kambing kashmir dan kambing turki yang kambing tersebut berasal dari luar negeri.

Keberadaan kambing gembrong dapat dijumpai dengan mudah pada peternakan wilayah Bali. Pasalnya, hampir seluruh peternak kambing daerah Bali memiliki jenis kambing ini.

Secara genetik, jenis kambing gembrong memiliki ciri pada bagian tubuhnya yang terbilang pendek dengan wajah cenderung cekung. Ukuran panjang jenis kambing ini biasanya dikisarkan antara 1,25 meter saat dilahirkan, sedangkan pada usia dewasanya jenis kambing ini memiliki ukuran berkisar antara 3,2 meter.

Baca Juga :   Vaksin Hingga Pengobatan Ternak, Cara Pekalongan Cegah Penyakit PMK

Selain itu, kambing gembrong ini juga memiliki bulu yang cukup lebat pada permukaan tubuhnya, biasanya bulu tersebut pun cukup panjang dengan ukuran berkisar antara 15 hingga 25 cm. Adapun tubuh kambing ini memiliki warna yang didominasikan oleh warna putih, namun ada juga yang memiliki warna tubuh hitam cenderung putih dan cokelat muda cenderung hitam.

Sementara itu, bobot dari pada jenis kambing lokal ini mencapai kisaran antara 35 kilogram yang terdapat pada jenis jantannya, sedangkan jenis betinanya memiliki bobot berkisar antara 30 kilogram. Hal ini tentunya menjadi salah satu keunggulan dari jenis kambing gembrong.

Baca Juga :   Dalam Keadaan Sehat, 13 Ekor Ayam Kampung Berlayar Ke Bontang

Lebih lanjut, dari bobot yang terbilang cukup besar tersebut dipercayai bahwa kambing ini dinilai sangat cocok untuk dijadikan hewan kurban.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.