Jaga Ikan Tuna Di Pasar Global, KKP Kembangkan Harvest Strategy

oleh -44 views
Harvest Strategy untuk Tingkatkan Daya Saing Produk Tuna1
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah menyusun Harvest Strategy pengelolaan tuna untuk menjaga populasi sekaligus meningkatkan daya saing produk perikanan itu di pasar global. Penyusunan dilakukan sejalan dengan program ekonomi biru penangkapan ikan terukur.

Harvest strategy pengelolaan tuna yang telah disusun sejalan dengan kebijakan ekonomi biru khususnya penangkapan ikan terukur, karena dalam strategi tersebut diatur penerapan perikanan berbasis kuota penangkapan ikan, penatakelolaan rumpon, penerapan pengurangan hasil tangkapan tuna dan cakalang dan penerapan penutupan sebagian wilayah dan waktu penangkapan tuna sirip kuning,” ujar Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam The 1st Indonesia Tuna Conference (ITC-1) and The 7th International Coastal Tuna Business Forum (ICTBF-7) di Bali, Rabu (24/05/2023).

Adapun Konferensi dan forum internasional yang berlangsung selama dua hari itu salah satunya bertujuan mengarusutamakan harvest strategy perikanan tuna di perairan kepulauan Indonesia. Pertemuan diikuti ratusan stakeholder perikanan dari dalam dan luar negeri.

Baca Juga :   Pembudidaya Ikan di Lombok Keluhkan Harga Jual Ikan Anjlok

Selain itu, Menteri Trenggono menerangkan, sebagai negara anggota Regional Fisheries Management Organization (RFMO), Indonesia berkomitmen penuh mengelola sumber daya ikan tuna secara berkelanjutan.

Terlebih perairan Indonesia selama ini dikenal sebagai tempat beruaya dan wilayah penangkapan tuna, baik di perairan kepulauan, perairan teritorial, maupun di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia.

Sementara itu, berdasarkan data, Indonesia termasuk negara produsen ikan tuna, cakalang, dan tongkol terbesar dunia dengan kontribusi sekitar 15 persen. Pada tahun 2021 produksi tuna dan cakalang Indonesia mencapai 791.000 ton dengan nilai sekitar Rp22 triliun.

Baca Juga :   Tangkap Kapal Ilegal, Syahrul Yasin Limpo, Menteri KKP Ad Interim: Pengawasan Tak Pernah Kendor

Lebih lanjut, untuk mendukung penyusunan Harvest Strategi perikanan tuna, KKP juga telah menerbitkan Keputusan Menteri Nomor 121 tahun 2021 tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang dan Tongkol. Regulasi ini menjadi payung hukum penyusunan Harvest Strategy tuna dan cakalang di perairan kepulauan.

“Saya berharap agar penetapan target dan limit reference point dalam harvest strategy yang menjadi acuan dalam penentuan kuota pemanfaatan sumber daya ikan tuna ini dapat menjadi instrumen yang mengawal keberlanjutan sumber daya tuna dengan tetap mempertimbangkan aspek usaha dan ekonominya. Saya juga berharap seluruh pemangku kepentingan secara sungguh-sungguh melaksanakan Harvest Strategy untuk kelestarian sumber daya ikan tuna, cakalang dan tongkol sehingga dapat menguatkan daya saing produknya di pasar global,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.